5 Jenis Serangga Yang Sering Merusak Pakaian - Informatif.id

Senin, 24 Agustus 2020

5 Jenis Serangga Yang Sering Merusak Pakaian

Serangga Yang Sering Merusak Pakaian - informatif.id

Bagaimana jadinya jika kamu ingin menghadiri suatu pertemuan penting entah itu berkencan atau meeting kerjaan namun pakaian atau baju yang hendak kamu pakai ternyata mengalamai sedikit kerusakan ?. Untuk sebagian orang sedikit kerusakan pada pakaian tentu sangat mengganggu kepercayaan dirinya.

Jika kamu pernah mendapati pakaian kamu rusak dan bolong tanpa kamu tahu apa alasan dan penyebabnya, Baju yang cepat rusak ternyata bisa disebabkan oleh serangga perusak pakaian. 

Merawat pakaian dengan baik serta memelihara pakaian supaya awet dan tahan lama dapat dilakukan dengan memperhatikan cara mencuci dan memakai jenis pakaian yang sesuai dengan kondisi dan kegunaannya. Dibalik itu, ada beberapa faktkor lain yang bisa memebuat pakaian jadi cepat rusak meski telah dirawat dengan sebaik mungkin.

Harus diwaspadai, salah satu faktor yang dapat mempercepat kerusakan pada pakaian adalah adanya serangga perusak pakaian. Jika kamu belum tahu apa saja jenis serangga yang sering merusak pakaian, kami sudah merangkumnya sebagai berikut.

Daftar serangga yang sering merusak pakaian.

  1. Rayap
    Rayap sudah lebih dikenal sebagai binatang yang dapat memakan dan merusak barang-barang yang berbahan dasar kayu. Namun, siapa sangka jika rayap juga sebetulnya adalah serangga perusak pakaian. Rayap mudah berkembang biak bila hidup di ruang gelap seperti lemari pakaian.  Daya tarik rayap terhadap aroma body soil yaitu kombinasi minyak tubuh, kulit mati, dan keringat membuat rayap merusak pakaian kalian.

  2. Kumbang Karpet
    Pada jenisnya, kumbang karpet memiliki 3 jenis yang semuanya memiliki kemiripan dan yang membedakan hanyalah waranyanya saja. Tempat tersembunyi seperti karpet atau perabotan rumah adalah kebiasaan kumbang karpet betina untuk menaruh telurnya. Yang perlu diwaspadai pada kumbang karpet adalah larvanya yang biasa memakan serat alami pada pakaian seperti wol dan benang sutra. Diperlukan waktu 8 samapi 15 hari bagi telur kumbang karpet untuk menetas dan dapat hidup di area gelap serta di tempat-tempat tersembunyi.

  3. Kutu Api
    Ukuran kecilnya yang hanya sekitar 1 cm tanpa sayap, Kutu api adalah jenis serangga yang dapat merusak pakaian juga. Kutu api atau yang dalam bahasa inggris disebut dengan Firebrat ini aktif saat malam hari dan menyukai ruangan bersuhu hangat seperti loteng. Kapas, linen, dan kain rayon adalah bahan pakaian yang disukai sebagai makanan utama kutu api.

    Oleh karena itu, pastikan agar pakaian kamu tidak terkena noda makanan atau minuman yang berbahan gula. Hal itu dapat menarik bagi kutu api, setelah mereka telah berada di sumber makanan, serangga kutu api akan cenderung tetap betah dan bertahan.

  4. Ngengat Pakaian
    Bernama latin Tinea bisselliella atau dalam bahasa inggris disebut Webbing Clothes moth, mirip dengan kumbang karpet, larva ngengat pakaian paling suka merusak pakaian. Mereka menyukai bahan pakaian seperti  flannel, wol, kain dan serpihan rambut untuk dijadikan makanan. Binatang ini biasanya menimbulkan kerusakan pakaian berupa pakaian berlubang dan jahitan mengelupas.

  5. Kecoak
    Binatang ini mungking sudah tidak asing lagi bagi kita, tidak hanya menjijikan, kecoak rupanya juga bisa merusak pakaian kita. Ketertarikan kecoak pada bau keringan dan cairan tubuh serta noda dari makan dan minuman di pakaian, membuat kecoak dapat merusakan pakaianmu bahkan berlubang.
Tidak hanya kehadirannya saja yang menjengkelkan. Meskipun bertubuh kecil serangga di atas memang harus diwaspadai karena dapat melubangi pakaian anda. Bagaimana jika serangga-serangga tersebut merusak stok ataupun dagangan pakaian kamu, tentu kamu akan mengalamai kerugian besar. gunakan jasa pembasmi serangga jika diperlukan.

Sekian dari rangkuman serangga perusak pakaian yang dapat membuat pakaian kamu berlubang. Silahkan tinggalkan komentar jika kamu memiliki jasa atau obat pembasmi serangga. ikuti informatif.id untuk mendapatkan info-info menarik lainya.

Bagikan ke Temanmu

close
PINKFLASH Matte Lipstik Lembut Tahan Lama