Cara Bayar Listrik PLN Pascabayar Pakai Dana - Informatif.id

Rabu, 06 Januari 2021

Cara Bayar Listrik PLN Pascabayar Pakai Dana

Cara Bayar Listrik PLN Pascabayar via Dana


Membayar tagihan listrik merupakan aktivitas bulanan yang rutin dilakukan, jika kamu memiliki beberapa masalah saat ingin melakukan pembayaran tagihan listrik seperti tempat atau loket pembayaran yang jauh dan cuaca yang sedang tidak mendukung seperti hujan ataupun panas atau bahkan kamu mager untuk melakukan pembayaran tagihan listrik. Tenang saja, kini kamu dapat melakukan pembayaran di mana saja secara online hanya dengan menginstal aplikasi dana pada smart phone kamu.

Dana merupakan salah satu dompet digital di Indonesia yang memudahkan kamu dalam berbagai keperluan soal pembayaran, dana memiliki banyak fitur seperti layanan pembayaran tagihan listrik, tagihan air, tagihan internet dan tv kabel, membeli pulsa bahkan membeli barang di market place seperti Bukalapak dll.

Ada 2 jenis layanan dalam melakukan pembayaran tagihan listrik PLN, yaitu Prabayar dan Pascabayar. 

Prabayar merupakan layanan dimana pelanggan membeli terlebih dahulu token listrik, konsep token listrik sama seperti halnya pulsa pada telepon genggam jika token listrik habis maka listrik akan padam, dan harus beli token listrik lagi.

Sedangkan, Pascabayar merupakan layanan dimana pelanggan membayar tagihan listrik di akhir setelah pemakaian listrik bulan lalu.

Pada artikel ini, kami akan membahas bagaimana cara membayar tagihan listrik PLN Pascabayar secara online menggunakan aplikasi dana. sebelum pada tahap pembayaran pastikan kamu sudah menginstal aplikasi dana di smart phone kamu dan melakukan registrasi seperti biasa. kamu juga harus memastikan saldo dana kamu mencukupi untuk melakukan pembayaran tagihan listrik PLN.

Cara Bayar Listrik PLN Pascabayar Pakai Dana

  1. Buka aplikasi Dana.
  2. Pilih Electricity.

    Bayar Listrik Pascabayar Dana - Pilih Electricity

  3. Maksud dari Prepaid adalah Prabayar dan Postpaid adalah Pascabayar, Pilih Postpaid (Pascabayar).

    Bayar Listrik Pascabayar Dana - Pilih Postpaid

  4. Masukan nomor pelanggan pada customer id. jika sudah pernah melakukan pembayaran maka nomor pelanggan akan disimpan secara otomatis dan menampilkanya pada list seperti pada gambar.

    Bayar Listrik Pascabayar Dana - Masukan Nomor Pelanggan

  5. Pilih Confirm.

    Bayar Listrik Pascabayar Dana - Pilih Confirm

  6. Pilih Pay.

    Bayar Listrik Pascabayar Dana - Pilih Pay

  7. Selamat kamu berhasil melakukan pembayaran tagihan listrik PLN Pascabayar pakai Dana.

    Bayar Listrik Pascabayar Dana - Pembayaran Berhasil

Kini kamu bisa melakukan pembayaran tagihan listrik lebih mudah dan cepat, tanpa harus repot-repot ke tempat atau loket pembayaran listrik PLN, dengan aplikasi dana kamu juga dapat cek tagihan dan bayar tagihan orang lain. Jika artikel ini sangat membantu silakan bagikan kepada teman-temanmu dan jangan telat bayar listrik.

Bagikan ke Temanmu

4 komentar

  1. sesuai nama blognya,informatif sekali.thanks min atas sharing info nya

    BalasHapus
  2. Hai bagaimana membayar listrik menggunakan dana ketika jatuh tempo tanggal 20 dan kita bayarnya tanggal 20 apakah masih bisa di terima ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau telat bayar bisa kena denda gan, daya 450 VA dan 900VA sebanyak Rp 3.000/bulan, tapi kalo telat 30 hari, PLN berhak untuk melakukan pemutusan aliran listrik sementara

      Hapus