Arti Semoga Samawa Sakinah Mawaddah Warahmah - Informatif.id

Selasa, 23 Februari 2021

Arti Semoga Samawa Sakinah Mawaddah Warahmah

Arti Semoga Samawa Informatif.id

Saat usia kamu memasuki angka 20 ke atas, satu per satu temanmu mulai menjalani hidup baru bersama dengan pujaan hatinya (menikah). Selain ucapan selamat, banyak do'a yang dipanjatkan untuk kedua mempelai (pengantin baru) di hari indah mereka.

Doa atau ucapan kepada pengantin yang paling sering digunakan di Indonesia adalah semoga samawa atau lebih lengkapnya semoga Sakinah Mawaddah Warahmah. Meskipun ucapan tersebut sangat lazim digunakan karena banyak orang yang sekedar ikut-ikutan saja, ternyata banyak juga orang yang tidak mengetahui arti sesungguhnya dari semoga Sakinah Mawaddah Warahmah.

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan beberapa poin penting terkait dengan samawa, yaitu:

  • Mana yang benar, Samawa atau Samara
  • Mana yang benar, Warahmah atau Wa Rahmah
  • Arti Sakinah, Mawaddah dan Wa Rahmah
  • Arti Samawa Till Jannah
  • Tulisan Sakinah Mawaddah Wa rahmah dalam bahasa Arab (in Arabic)
  • Tulisan Sakinah Mawaddah Wa rahmah dalam bahasa Inggris (in English)

Mana yang Benar, Samawa atau Samara?

Selain ucapan semoga Samawa, banyak juga yang mengucapkan semoga Samara. lalu apakah kedua kalimat tersebut memiliki arti dan maksud yang sama?.

Pada dasarnya, kata Samawa maupun Samara mengarah pada satu kalimat yang sama, yaitu Sakinah Mawaddah Warahmah.

Samawa menggunakan akronim SA-MA-WA (Sakinah Mawaddah Warahmah), sedangakan Samara menggunakan akronim SA-MA-RA (Sakinah Mawaddah wa Rahmah).

Akronim adalah singkatan dari beberapa kata seperti SIM (Surat Izin Mengemudi), Bulog (Badan Urusan Logistik) dan lain-lain.

Mana yang Benar, Warahmah atau wa Rahmah

Dalam bahasa arab, wa pada kata warahman memiliki arti "dan", jadi penulisan warahmah yang benar adalah wa rahmah artinya "dan kasih sayang", Sehingga banyak juga yang beranggapan bahwa singkatan yang benar adalah SAMARA.


Pengertian Sakinah, Mawaddah dan Wa Rahmah

Tiga kata utama (Sakinah Mawaddah Wa rahmah) terdapat dalam QS. Ar-Rum ayat 21.

وَمِنْ آَيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآَيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Artinya " Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri (manusia), supaya kamu cenderung dan merasa tenteram (sakinah)kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa cinta dan kasih sayang(mawaddah wa warahmah). Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kemahaan-Nya) bagi kaum yang berfikir."

Arti Sakinah

Menurut Bahasa, Sakinah memiliki arti ketentraman, ketenangan, kedamaian dan kebahagiaan. Dalam sebuah pernikahan, sakinah berarti hidup bersama dengan ketenangan dan saling melindungi (memberi rasa aman dan nyaman).


Arti Mawaddah

Menurut Bahasa Mawaddah adalah cinta atau harapan yang berarti dalam sebuah rumah tangga harus memiliki rasa cinta yang mendalam baik dalam keadaan susah maupun senang.


Arti Wa Rahmah

Arti Wa rahmah atau wa rohmah adalah Kasih Sayang, yang memiliki arti saling melengkapi, saling membantu serta memahami hak dan kewajiban antara seorang suami dan istri dalam berumah tangga.


Mengenal Lebih Jauh Samawa Till Jannah

Ucapan dan doa semoga samawa till jannah juga sering digunakan. Namun apa sebenarnya arti kalimat ini, apa makna yang diberikan, apakah kalimat ini termasuk ke dalam doa atau hanya sekedar ucapan saja yang bisa diberikan saat seseorang baru saja menikah.

Jadi samawa atau samara merupakan singkatan dari sakinah mawaddah wa rahmah yang berarti "Semoga menjadi keluarga yang tenang, tentram, damai, penuh cinta dan kasih sayang". Atau ada juga arti lainnya yaitu "semoga menjadi keluarga yang bahagia dunia dan akhirat".

Penambahan till jannah setelah samawa, memiliki arti sampai ke surga. Sehingga Samawa Till Jannah bisa diartikan "semoga menjadi keluarga yang bahagia dunia dan akhirat hingga menjemput surganya".


Penulisan Sakinah Mawaddah Warahmah dalam Bahasa Arab

Saat menggunakan Bahasa Arab, maka penulisan sakinah mawaddah warahmah yang tepat adalah

سكينة مودّة وَرَحْمَةً

Penulisan Sakinah Mawaddah Warahmah dalam Bahasa Inggris

Bagi yang ingin menggunakan bahasa asing lainnya dalam mengucapkan Samawa, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan Bahasa Inggris. Berikut ini adalah penulisan semoga samawa apabila diartikan ke dalam Bahasa Inggris.

“May you become a harmonious, peaceful and affectionate family.”

Sebenarnya untuk penggunaan Samawa atau Samara ini, sebaiknya mulai dikurangi. Karena meskipun artinya adalah sakinah mawaddah wa rahmah, namun ketika disingkat maka ucapan ini ditakutkan tidak lagi sah. Ucapkan secara lengkap yakni semoga sakinah, mawaddah, wa rahmah.

Wallahualam.

Sekian dari pembahasan lengkap terkait ucapan Samawa atau Samara. Bagikan artikel ini ke media sosial kamu jika artikel ini dapat memberikan manfaat.

Bagikan ke Temanmu