Pengertian Apa Itu Kuliner dan Wisata Kuliner Lengkap - Informatif.id

Jumat, 26 Februari 2021

Pengertian Apa Itu Kuliner dan Wisata Kuliner Lengkap

Pengertian Kuliner - informatif.id

Pasti kamu sering mendengar istilah kuliner, baik dalam acara televisi, youtube dan media sosial lainnya. Pada acara televisi maupun youtube pasti kamu memahami bahwa kuliner itu selalu berhubungan dengan masakan, makanan, jajanan dan orang makan-makan, Lantas apa definisi kuliner sebenarnya?.

Pada artikel ini, kami akan membahas beberapa poin penting seperti apa itu kuliner, pengertian kuliner tradisional serta apa yang dimaksud dengan wisata kuliner, yang kami bahas secara lengkap dan informatif.


Pengertian Kuliner menurut para ahli

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia yang biasa disingkat KBBI, kuliner adalah hal yang berhubungan dengan masak-memasak.

Menurut Brainly, kuliner sama dengan hasil olahan dari masakan yang berupa lauk pauk, panganan serta minuman. Kuliner juga tidak terlepas dari aktivitas masak-memasak yang berkaitan dengan konsumsi makanan.

Kata Kuliner berasal dari kata serapan dari Bahasa Inggris yaitu culinary. Dalam Bahasa Inggris culinary memiliki arti yaitu hal yang berhubungan dengan dapur dan keahlian masak-memasak.

Kata serapan adalah kata yang berasal dari bahasa daerah maupun bahasa luar negri dan tidak berasal dari bahasa Indonesia 

Berdasarkan penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa kuliner diartikan sebagai sesuatu yang berhubungan dengan aktivitas masak-memasak. karena masakan merupakan hasil olahan dari kegiatan masak-memasak maka masakan juga dapat dianggap sebagai kuliner. Sedangkan seseorang yang berkerja atau berprofesi di bidang kuliner dalam hal memasak disebut koki atau chef.


Apa itu Kuliner Tradisional?

Kuliner - informatif.id

Selain memiliki kekayaan alam dan keberagaman suku dan budaya, wilayah-wilayah di Indonesia juga memiliki ciri khas masakan yang berbeda-beda. hal ini lah yang membuat indonesia kaya akan masakan tradisional dari berbagai daerah yang ada di negri kita tercinta ini.

Menurut WikipediaKuliner tradisional Indonesia adalah semua jenis masakan yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Indonesia memiliki kekayaan kuliner tradisional bahkan beberapa kuliner Tradisional ini terkenal sampai ke luar negri seperti Nasi Goreng, Rendang, Sop Buntut, Gudeg, Gado-gado bahkan tempe goreng dan indomie goreng. 

Selain masakan ada juga minuman khas indonesia yang mendunia seperti es cendol, jamu, sekoteng, kopi sanger dan masih banyak lagi.


Apa itu Wisata Kuliner?

Menurut KBBI, wisata adalah berpergian bersama-sama dengan tujuan memperluas pengetahuan, bersenang-senang dan sebagainya, sedangkan menurut wikipedia, Pariwisata ialah suatu perjalanan dengan tujuan rekreasi atau liburan.

Dari penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa wisata adalah suatu perjalanan yang dilakukan seseorang maupun berkelompok ke tempat yang jauh dengan tujuan rekreasi, liburan, membuka wawasan bahkan bisa dibilang cuci mata. Sedangkan seseorang yang melakukan wisata disebut wisatawan atau turis.

Jika wisata adalah mengunjungi suatu tempat sedangkan kuliner adalah masakan maka dapat disimpulkan bahwa wisata kuliner adalah mengunjungi suatu tempat selain untuk berrekreasi tetapi juga menikmati masakan khas tradisional atau masakan yang terkenal di daerah tempat wisata tersebut.

Contoh wisata kuliner misalnya wisata kuliner di yogyakarta, berarti berwisata ke jogja sambil mencoba atau menikmati masakan khas yogyakarta seperti gudeg atau oseng-oseng mercon misalnya.

Dikutip dari detik.com, kuliner tidak hanya berhubungan dengan makanan saja tetapi juga minuman, jadi makanan dan minuman merupakan objek dari kuliner.

Kuliner merupakan salah satu objek wisata dan bagian dari kebudayaan yang harus dilestarikan. Bahkan kuliner sudah menjadi gaya hidup karena makanan merupakan kebutuhan sehari-hari. Oleh kerena itu kursus atau sekolah memasak (tata boga) merupakan langkah tepat untuk melestarikan kuliner khususnya kuliner tradisional di Indonesia.


Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner adalah salah satu jenis usaha yang berhubungan dengan jual beli masakan. Tidak hanya para pengusaha saja yang memanfaatkan bisnis di bidang kuliner ini, masyarakat pun banyak yang menjadikan kuliner sebagai mata pencaharian. Bahkan di dunia maya banyak orang berlomba-lomba khususnya para vlogger youtube atau tiktok yang membuat konten tentang kuliner demi mencari banyak penonton dan menghasilkan uang dari youtube.

Jika kamu memiliki bakat dalam memasak, menekuni bidang kuliner bukan lah sesuatu yang sia-sia karena pada dasarnya kuliner merupakan makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Kamu bisa memulai menjual katering untuk teman-teman kantor atau orang terdekat sampai akhirnya kamu bisa membuka restoran sendiri.

Sekian dari pembahasan tentang definisi arti dari kuliner dan wisata kuliner. Ikuti blog kami informatid.id untuk mendapatkan info lainnya seputar pengetahuan tentang kuliner.

Bagikan ke Temanmu