Perbedaan Layar LCD dan LED pada TV dan Monitor - Informatif.id

Minggu, 21 Februari 2021

Perbedaan Layar LCD dan LED pada TV dan Monitor

Perbedaan LCD dan LED - Informatif.id

Saat kamu ingin membeli barang elektronik, ada satu hal yang harus kamu perhatikan dan pertimbangkan, yaitu spesifikasi. Spesifikasi adalah informasi detail (rincian) tentang suatu barang seperti berat, panjang, lebar, jenis material yang digunakan, fitur pendukung, jaminan ketahanan dan lain-lain.

Nah LCD dan LED ini merupakan spesifikasi pada jenis layar yang biasa kita temukan pada perangkat elektronik seperti Televisi (TV), monitor, layar pada laptop, layar ponsel, layar kalkulator dan lain-lain. Lalu apa perbedaan pada layar LCD dengan LED?


Perbedaan LCD dan LED

Perbedaan LED dan LCD - informatif.id

Pada dasarnya LCD dan LED merupakan jenis layar yang menggunakan Panel LCD (liquid crystal display) tetapi memiliki jenis sumber pencahayaan yang berbeda, pada layar LCD, sumber pencahayaan atau backlighting menggunakan CCFL (cold cathode fluorescent lamps) sedangkan LED menggunakan teknologi yang lebih efisien yaitu light emitting diodes (LED).

Pada artikel ini, kami akan membahas lebih lanjut apa bedanya LCD dengan LED dari segi fitur, kualitas, dimensi dan harga. Sebelum masuk ke pembahasan tentang perbedaan, tentu kamu harus tahu terlebih dahulu definisi dari LCD dan LED, Berikut pembahasanya.


Apa itu LCD?

LCD (Liquid Crystal Dispay) adalah jenis layar yang menggunakan cahaya dan kristal cair untuk menampilkan gambar. Jika kamu sedikit menekan layar LCD dan mengerakanya secara perlahan maka akan ada semacam cekungan yang bergelombang, itu terjadi karena pada dasarnya LCD menggunakan elemen utama berupa cairan.

Monitor yang menggunakan LCD mulai menjadi trend pada tahun 2008 setelah mengalahkan monitor tabung (CRT), satu tahun kemudian muncul teknologi terbaru yang menggunakan LED dan mulai banyak diaplikasikan pada layar laptop.


Apa itu LED?

LED (light emitting diodes) adalah jenis layar LCD yang menggunakan light emitting diodes sebagai lampu latar (sumber cahaya). LED juga memiliki sistem dimming backlighting yang mampu menghasilkan kontras lebih baik sehingga dapat mempengaruhi ketajaman gambar dan memberikan pengalaman yang baik saat menonton film dengan kualitas HD ke atas.


Perbedaan Kualitas Gambar LCD dan LED

  • LED memiliki kualitas resolusi gambar yang lebih baik ketimbang LCD.
  • LED memiliki kontras yang lebih tinggi karena cahaya yang dihasilkan oleh LED lebih kaya warna sehingga akurasi warna menjadi lebih baik.
  • Jika layar dilihat dari samping. LED masih menampilkan gambar yang lebih jelas dibandingkan dengan LCD.


Perbedaan Konsumsi Listrik LCD dan LED

Untuk konsumsi listrik LED pada perangkat TV maupun monitor, layar LED memiliki konsumsi listrik yang lebih rendah bahkan bisa menghemat penggunaan listrik sampai 30% dibandingkan penggunaan listik pada layar LCD.

Selain penggunaan pada layar Televisi, sumber penerangan LED juga biasa digunakan sebagai lampu penerangan pada rumah (lampu bohlam) bahkan lampu pada sepeda motor, tak heran jika jaman sekarang banyak yang menggunakan lampu LED karena lebih irit dan hemat listrik dan tetap memiliki tingkat penerangan yang sangat baik.

Untuk daya dan konsumsi listrik, LED lebih irit dan hemat listrik jika dibandingkan dengan LCD.


Perbedaan Daya tahan LCD dan LED

Selain hemat listrik, LED juga memiliki daya tahan yang lebih baik dibandingkan dengan LCD. Daya tahan yang dimaksud bukan tahan banting atau tahan kedalaman air melainkan umur yang lebih panjang. Karena LED menggunakan daya listrik yang rendah sehingga suhu pada perangakat televisi  maupun monitor pun jadi lebih dingin, itulah yang menyebabkan LED lebih tahan lama dalam pemakaian.

Meskipun LED memiliki umur yang lebih panjang dibandingkan LCD, namun jika terjadi kerusakan maka akan membutuhkan biaya perbaikan dan penggantian spare part yang cukup mahal. Bahkan sebagian orang memilih untuk membeli TV atau monitor LED yang baru. 

Jika kamu bukan termasuk orang yang ceroboh dan awet dalam menggunakan barang elektronik maka membeli TV atau monitor LED sangat direkomendasikan.


Perbedaan Dimensi Layar LCD dan LED

Tidak seperti tv tabung atau monitor tabung yang memakan banyak tempat dan berat, LCD dan LED memiliki ukuran yang jaul lebih ramping, tipis dan ringan.

Jika diperhatikan sekilas perbedaan LCD dan LED memang tidak begitu terlihat, namun jika kamu perhatikan lebih detail maka LED memiliki ketebalan layar dan bezel (pinggiran layar) yang lebih tipis serta memiliki berat yang sedikit lebih ringan.

Untuk Soal memakan tempat yang sedikit, LED masih sedikit lebih baik dari LCD. Jika kamu termasuk orang yang perfeksionis, memilih TV atau monitor LED yang memiliki bezel tipis adalah pilihan yang sangat tepat. Sebagain orang beranggapan semakin tipis ukuran bezel maka semakin memiliki kesan yang wah.


Perbedaan Harga Jual LCD dan LED

Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh LED, jangan heran jika biaya yang dikeluarkan untuk membeli TV atau Monitor LED lebih mahal jika dibandingkan dengan LCD.

Selisih harga jual pada Tv atau monitor LED sekitar 10% lebih mahal daripada LCD. Memilih produk yang sedikit lebih mahal namun memiliki kualitas yang memuaskan tidak lah masalah.


FAQ


Kenapa TV LED Cepat Rusak?

  • Tidak adanya sirkulasi udara
    Berikan ruang pada penempatan TV LED. Jika kamu meletakan TV LED terlalu berhimpitan (berdekatan) dengan tembok atau benda-benda lain, dan kamu menggunakan TV LED dengan waktu yang lama, maka TV dan komponen yang ada di dalamnya jadi cepat panas karena minimnya sirkulasi udara. Suhu yang tinggi dapat membuat TV maupun Monitor LED kamu menjadi cepat rusak.

  • Arus Listrik tidak stabil
    Tidak hanya  komputer, TV pun perlu menggunakan stabilizer jika arus listrik di rumah kamu tidak stabil.

  • Tempat yang lembab
    Sama seperti barang elektronik lainya komponen pada TV LED pun bisa menjadi berkarat karna kelembapan.

  • Tidak pernah mencabuk colokan listrik
    Sama seperti lampu, TV LED dan LCD pun memiliki masa pakai, cabut listrik jika sudah tidak digunakan supaya tidak memperpendek masa pakai. jika kamu suka ketiduran saat menonton tv, gunakan fitur timer pada tv.

  • Sering terkena debu
    Kotoran debu maupun serangga yang masuk ke dalam tv dapat menyebabkan korsleting listrik (konslet). Tutup sebagian tv jika sudah tidak digunakan dan seringlah memperhatikan kebersihan tv.

Pilih beli TV LCD atau LED?

Dari pembahasan di atas dapat kita simpulkan bahwa TV LED memiliki kualitas yang baik namun harganya lebih mahal dari TV LCD. Lalu bagaimana cara memilih tv yang bijak?.

Jika kamu membeli tv hanya untuk sekedar menonton acara tv kamu bisa membeli tv LCD, namun jika kamu penikmat nonton film dengan kualitas HD, Full HD bahkan 4k maka kamu lebih baik memilih tv LED.


Pilih Monitor LCD atau LED?

Membeli barang-barang yang tepat dan sesuai kebutuhan merupakan langkah yang bijak dalam menghemat pengeluaran. Seperti halnya membeli monitor, jika kebutuhan hanya sebatas aktivitas kantor seperti penggunaan MS. Word dan Excel kamu cukup membeli monitor LCD.

Jika kamu seorang content creator pembuat konten grafis maupun video atau bahkan seorang pro gamer, kamu butuh menggunakan monitor dengan jenis layar LED untuk memberikan pengalaman yang baik seperti ketajaman gambar dan kontras warna yang sesuai.

Perbedaan Layar IPS dan Amoled - informatif.id


Sekian dari pembahasan perbedaan antara LCD dan LED pada pengakat TV maupun monitor pada PC. jaga jarak pandang kamu saat didepan layar supaya mata tidak cepat lelah, dan sering-sering beristirahat lah sejenak saat terlalu lama menatap layar. ikuti website kami untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.

Bagikan ke Temanmu

close
PINKFLASH Matte Lipstik Lembut Tahan Lama