Bahaya dan Efek Samping Setelah Minum Alkohol - Informatif.id

Jumat, 05 Maret 2021

Bahaya dan Efek Samping Setelah Minum Alkohol

Bahaya dan Efek Samping Minum Alkohol - informatif.id

Dalam ilmu kimia, Alkohol memiliki arti yang sangat luas, sederhananya alkohol bisa saja minuman yang mengandung Etanol atau Metanol. Walaupun sama-sama disebut dengan minuman beralkohol, minuman keras atau minuman yang mengandung alkohol secara berlebihan tidak baik untuk dikonsumsi.

Banyak minuman keras beralkohol ini sering dioplos dengan berbagai macam campuran, bahkan yang paling ekstrim, ada yang mengoplosnya dengan sedikit baygon. Dan yang lebih buruk lagi, ternyata jenis alkohol yang digunakan dalam minuman oplosan adalah minuman alkohol yang berjenis metanol bukan etanol.

Lalu, apa perbedaan dari metanol dan etanol? meskipun keduanya sama-sama disebut dengan alkohol, namun metanol (CH30H) yang biasa kita sebut dengan spiritus, tidak boleh untuk dikonsumsi karena sifatnya yang mudah terbakar dan beracun.

Sedangkan alkohol yang bisa dikonsumsi adalah etanol (C2H5OH), selain digunakan untuk membersihkan luka dan mencegah infeksi, etanol juga bisa digunakan sebagai disenfektan.

Sehingga, sebelum membeli alkohol untuk dikonsumsi, pastikan untuk membeli alkohol yang berlabel etanol, dan tidak mengandung metanol.

Sebenarnya mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol dapat memeberikan manfaat dalam kesehatan, tentunya dikonsumsi sesuai petunjuk dan ajuran dokter dan tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan.

Dalam jangka pendek, meminum minuman alkohol secara berlebihan dapat menurunkan tingkat kesadaran atau mabuk, sehingga memiliki resiko mengalami kecelakaan jika dalam berkendara, bahkan sampai melakukan tindakan kekerasan tanpa sadar.

Mengemudi dalam pengaruh alkohol dapat membahayakan keselamatan diri sendiri maupun orang lain.

Pada artikel ini kami akan menjabarkan apa saja dampak negatif, bahaya dan efek samping dari mengonsumsi minuman alkohol secara berlebihan dan tidak berada dalam pengawasan dokter.


Bahaya Minum Alkohol


  1. Mengganggu Fungsi Otak

    Terlalu sering minum minuman yang mengandung alkohol dapat mengakibatkan penurunan pada fungsi otak. Pada dasarnya tubuh kita dikendalikan oleh otak, jika otak kita bermasalah atau terganggu maka akan menyebabkan koordinasi tubuh menjadi hilang, reflek pada tubuh menjadi berkurang, pengelihatan menjadi menurun, mudah lupa, pingsan bahkan bisa mengakibatkan stroke.

  2. Terkena Penyakit Jantung

    Bahaya Resiko ganguan pada jantung dapat diakibatkan oleh seringnya mengonsumsi alkohol secara berlebihan. efek samping dari seringnya minum alkohol selain mengganggu irama detak jantung dan meningkatkan tekanan darah, juga dapat melemahkan otot-otot jantung serta memiliki lebih besar resiko kematian terkena penyakit jantung atau serangan jantung.

  3. Masalah Pencernaan

    Mengonsumsi alkohol secara berlebihan sangatlah berbahaya bagi sistem pencernaan, selain menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut, alkohol juga merusak dinding lambung. Akibat dari rusaknya sistem pencernaan membuat tubuh tidak dapat menyerap nutrisi secara sempurna, sehingga tubuh kamu jadi kekurangan nutrisi.

  4. Resiko Pankreatitis

    Selain menyebabkan iritasi pada lambung, meminum minuman alkohol terlalu banyak juga dapat memicu terkena pankreatitis serta menggangu sistem pencernaan dan sakit perut yang terus-menerus.

  5. Merusak hati (liver)

    Saat minum alkohol, hati berkerja lebih keras dalam memproses alkoloh, karena pada dasarnya hati berfungsi untuk menetralisir racun di dalam darah. Bahaya minum alkohol dapat memicu peradangan pada hati yang dapat mengacaukan metabolisme tubuh dan dampak lebih buruknya adalah menyebabkan kanker hati.

  6. Depresi

    Alih-alih, ingin menghilangkan setres sesaat dengan meminum alkohol, sering mengonsumsi alkohol dalam jangka panjang justru dapat menggangu kesehatan mental dan memiliki resiko depresi untuk sebagian orang.

  7. Obesitas

    Setelah Lemak, Alkohol merupakan nutrisi yang memiliki kandungan tinggi kalori. Seperti halnya minuman manis, minuman yang mengandung alkohol dapat menaikan berat badan. Jika alkohol dikonsumsi dalam jangka panjang dapat menyebabkan obesitas dan bahaya kesehatan bagi orang yang mengalami obesitas adalah memiliki resiko lebih tinggi terkena penyakit lainnya.

Sekian dari dampak buruk (negatif) dan bahaya kesehatan jika kecanduan minum alkohol secara berlebihan.

Konsultasikan ke Dokter untuk mendapatkan manfaat dari mengonsumsi alkohol. Bagikan artikel ini ke media sosial kamu, jika dapat memberikan manfaat.

Bagikan ke Temanmu