Manfaat Minum Air Putih Sebelum dan Setelah Tidur - Informatif.id

Minggu, 07 Maret 2021

Manfaat Minum Air Putih Sebelum dan Setelah Tidur

Manfaat Minum Air Putih - Informatif.id

Tahukah kamu? Dalam tubuh manusia memiliki kandungan air sekitar 60-70% dari berat tubuh. Air sangat diperlukan oleh organ-organ dalam tubuh supaya dapat berfungsi dengan baik.

Saat tubuh kita kekurangan cairan, maka secara otomatis tubuh kita akan mengabil cairan dari darah, akibatnya darah menjadi kental karena kekurangan kandungan air.

Secara sederhana, Darah berfungsi sebagai alat transportasi yang mengangkut oksigen dan zat-zat atau nutrisi lainnya untuk diedarkan keseluruh organ-organ tubuh, termasuk ke otak.

Jika darah kental karna kekuarangan kandungan air, maka transportasi untuk memberi makan sel-sel ke otak pun jadi terganggu. Dalam jangka panjang, kekurangan cairan pada tubuh dapat menimbulkan penyakit stroke.

Tidak hanya otak, organ lain seperti ginjal pun akan berkerja lebih keras untuk menyaring darah yang kental dari racun. Jika dibiarkan terus-menurus maka ginjal akan mengalami kerusakan bahkan dampak buruknya harus cuci darah.

Sehingga dapat disimpulkan, kekurangan cairan dalam tubuh dapat mepengaruhi hampir semua organ dalam tubuh. Untuk itulah, mengapa kita dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas setiap harinya.

Sebagai motivasi, kami akan menjabarkan beberapa manfaat minum air putih untuk kesehatan


Manfaat Minum Air Putih

Ada banyak sekali manfaat dari mengonsumsi air putih secara rutin. Berikut kami kelompokan menjadi manfaat minum air putih setelah dan sebelum tidur di malam hari.


Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur


  1. Mengeluarkan Racun

    Meminum air putih sesaat setelah bangun tidur, dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan racun dari sisa-sisa metabolisme tubuh selama tidur sepanjang malam, kemudian racun-racun tersebut dikeluarkan melalui urine.

  2. Meningkatkan Produktivitas

    Manfaat minum air putih setelah bangun tidur di pagi hari adalah dapat membangkitkan energi dan membuat tubuh menjadi segar. Namun, jangan lupa untuk tetap sarapan dengan makanan yang bergizi sebagai sumber tenaga. Jaga tubuh tetap terhidrasi dengan minum 8 gelas sehari, supaya lebih fokus dan berkonsentrasi juga meningkatkan produktivitas.

  3. Mengurangi Rasa Lapar

    Untuk sebagian orang sering merasa lapar setelah bangun tidur di pagi hari, itu terjadi karena lambung sudah selesai mencerna makanan dan akan terasa kosong di pagi hari. Meminum air putih dapat mengurangi rasa lapar, supaya kamu tidak makan sarapan terlalu berlebihan di pagi hari.

  4. Menekan Asam Lambung

    Selain mengendalikan rasa lapar di pagi hari. Manfaat minum air putih dalam perut kosong setelah bangun tidur adalah supaya asam lambung dapat ditekan dan diencerkan sehingga mencegah asam lambung naik.

  5. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

    Manfaat lainya minum air putih setiap bangun tidur di pagi hari adalah meningkatkan metabolisme tubuh dalam membakar kalori dan beberapa ahli meyakini kebiasaan minum air putih setelah bangun tidur dapat menurunkan berat badan.


Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur


  1. Memenuhi Kebutuhan Cairan

    Lamanya waktu tidur di malam hari bisa 5 sampai 8 jam, dalam waktu selama itu, tubuh kita tetap membutuhkan cairan pada tubuh. Meminum air putih sebelum tidur, selain dapat membantu memenuhi minum air putih 8 gelas tiap hari, juga dapat membantu tubuh tetap terhidrasi selama tidur malam.


  2. Memudahkan Proses Pencernaan

    Meminum air putih sebelum tidur dapat memberikan manfaat seperti membantu proses pencernaan, sehingga dapat menyerap nutrisi dari makanan dengan baik.


  3. Meningkatkan Imunitas Tubuh

    Pada masa pandemi, mau tidak mau kita harus meningkatkan kekebalan tubuh serta menjaga tubuh untuk tetap fit supaya tidak mudah terserang penyakit, Meminum air putih sebelum tidur dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi sepanjang malam. Memenuhi cairan pada tubuh memiliki peran penting supaya semua organ tubuh tetap sehat dan berkerja dengan baik.


  4. Menjaga Berat Badan

    Meminum air putih sebelum tidur dapat memberikan efek kenyang pada lambung, sehingga mencegah kamu untuk makan cemilan (ngemil), hal ini sangat membantu kamu dalam program diet.


  5. Mencegah Pusing saat Bangun Tidur

    Mengonsumsi air putih sebelum tidur dapat menjaga semua organ termasuk otak, supaya tetap mendapatkan pasokan nutrisi dan zat-zat makanan yang diedarkan oleh darah. Kurangya cairan pada tubuh dapat mengentalkan darah dan menggangu otak menerima pasokan oksigen dari darah. Hal itu lah yang meyebabkan pusing atau sakit kepala saat bangun di pagi hari.


  6. Tidur yang Berkualitas

    Memenuhi kecukupan cairan selama tidur di malam hari juga dapat memberikan manfaat tidur yang lebih nyenyak dan berkualitas, karena minum air putih sebelum tidur dapat membuat otot dan persendian mengendur atau rilek.



Meskipun minum air putih sebelum tidur di malam hari dapat memberikan banyak manfaat, Namun beberapa orang justru menghindari minum air putih sebelum tidur karna memiliki komplikasi penyakit seperti penyakit jantung atau gangguan fungsi ginjal.

Meminum air putih terlalu banyak sebelum tidur juga dapat mengganggu kenyamanan tidur kamu, karena harus bangun ditengah malam untuk buang air kecil, hal ini juga sangat merepotkan bagi orang yang memiliki keterbatasan untuk bergerak.

Sekian dari pembahasan Manfaat Minum Air Putih Sebelum dan Sesudah Tidur. Ikuti situs kami untuk mendapatkan info kesehatan lainnya. Bagikan artikel ini ke media sosial jika dapat memberikan manfaat.

Bagikan ke Temanmu