Perbedaan Layar IPS dan Amoled, Mana yang Bagus? - Informatif.id

Rabu, 03 Maret 2021

Perbedaan Layar IPS dan Amoled, Mana yang Bagus?

Perbedaan IPS dan Amoled - informatif.id

Dalam membeli smartphone baru, banyak sekali orang lebih memperhatikan spesifikasi Processor dan Kamera. Pada kaum laki-laki lebih mementingkan perfoma smartphone sedangkan kaum perempuan lebih mementingkan photo hasil jepretan dari kamera, baik kamera depan maupun kamera belakang.

Spesifikasi adalah informasi detail (rincian) tentang suatu barang atau perangkat seperti berat, panjang, lebar, jenis material yang digunakan, fitur pendukung, jaminan ketahanan dan lain-lain

Karena kedua spesifikasi tersebut, jarang orang memperhatikan bagaimana atau seperti apa spesifikasi pada layar smartphone. Padahal layar merupakan perangkat smartphone yang paling pertama dan sering dilihat.

Untuk seorang yang memiliki ketertarikan dalam dunia gadget dan teknologi tentu ingin mempelajari lebih dalam semua spesifikasi pada perangkat gadget, mulai dari sekedar menambah pengetahuan atau wawasan sampai ingin memiliki gadget yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai membeli sebuah ponsel pintar seperti membeli kucing dalam karung.

Pada artikel ini, kami akan mengulas jenis layar yang paling banyak digunakan pada smartphone yaitu IPS dan AMOLED. 

Lantas, Kira-kira bagus mana antara Layar IPS dengan Amoled?. Ada beberapa poin penting dalam pembahasan PERBEDAAN IPS VS AMOLED yaitu:

  • Pengertian Apa itu Layar IPS
  • Apa saja kelebihan dari layar IPS
  • Apa saja kekurangan dari layar IPS
  • Pengertian Apa itu Layar Amoled
  • Apa saja kelebihan dari layar Amoled
  • Apa saja kekurangan dari layar Amoled
  • IPS vs Amoled, bagus mana?
  • Perfoma Gaming IPS vs Amoled
  • Perbandingan Harga IPS vs Amoled
  • Lama Waktu Penggunaan IPS vs Amoled
  • Tingkat Ketahanan IPS vs Amoled

Apa itu Layar IPS LCD?

Banyak sekali smartphone yang menggunakan layar LCD berjenis IPS ini, Liquid Crystal Display (LCD) merupakan jenis layar yang menggunakan polarisasi cahaya pada kristal cair, selain pada layar ponsel, layar LCD sering digunakan pada perangkat seperti televisi(TV), Monitor, layar pada laptop bahkan layar pada kalkulator dan masih banyak lagi.

In-plane Switching (IPS) merupakan jenis dari layar LCD. Sebelum teknologi IPS ini populer, Layar jenis TN-TFT LCD saat itu masih digunakan. LCD dengan teknologi Thin Film Transistor (TFT) ini memiliki kelebihan tingkat kecerahan dan ketajaman warna yang sangat baik serta lebih mudah dilihat saat di bawah sinar matahari.

Namun, Layar LCD jenis TFT ini juga memiliki banyak kekurangan yaitu konsumsi daya listrik yang boros dan mengalami perubahan warna saat layar dilihat dari samping kanan maupun kiri.

Sebagai bentuk kemajuan atau perkembangan dalam teknologi, Layar IPS LCD adalah jenis layar LCD yang mampu menghasilkan gambar yang lebih baik daripada TFT LCD. Selain Layar IPS LCD lebih hemat daya (irit) daripada TFT LCD, IPS LCD juga memiliki sudut pengelihatan sampai 178 derajat sehingga kita tetap dapat melihat gambar yang baik dari samping layar bahkan di bawah sinar matahari pun tetap menampilkan gambar yang jelas.

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan layar IPS LCD jika dibandingkan dengan Layar Amoled, yang kami jabarkan sebagai berikut:

Kelebihan Layar IPS LCD

  • Menampilkan warna yang lebih natural dan konsisten
  • Biaya produksi yang murah
  • Tetap menampilkan gambar yang jelas meskipun di bawah sinar matahari
  • Cocok untuk kegiatan Outdor

Kekurangan Layar IPS LCD

  • Warna putih dan hitam pekat kurang sempurna
  • Response time dan refresh rate lebih rendah
  • Lebih boros daya listrik jika dibandingkan dengan layar Amoled
  • Memiliki ukuran layar yang lebih tebal

Apa itu Layar Amoled?

Apakah kamu pernah mendengar kata LED?, LCD dan LED sering kita temukan pada spesifikasi jenis layar. Pada dasarnya layar LCD dan LED pada perangkat seperti televisi atau monitor sama-sama menggunakan panel LCD namun memiliki sumber pencahayaan yang berbeda. Sumber cahaya yang dihasilkan oleh LED lebih baik dan hemat daya.

Perbedaan LCD dan LED - informatif.id

Baca Selengkapnya : Perbedaan LCD dan LED

Amoled merupakan jenis layar yang sumber pencahayaanya menggunakan Light Emitting Diode (LED). Active Matrix Organic LED (Amoled) sendiri merupakan teknologi yang lebih baru dari OLED (organic light emiting diode).

OLED merupakan perangkat yang memiliki kepadatan (kerapatan) diodes yang sangat kecil. molekul organik yang sangat kecil ini dapat menghasilkan cahaya apabila dialirkan listrik. Kerapatan dari diodes ini lah yang dapat menghasilkan resolusi gambar menjadi lebih tajam.

Amoled merupakan hasil peningkatan dari OLED yang dikembangkan oleh SAMSUNG. Dibandingkan dengan OLED, AMOLED memiliki senstivitas atau sensor sentuh yang lebih baik.

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan layar AMOLED jika dibandingkan dengan Layar IPS LCD, yang kami rangkum sebagai berikut:

Kelebihan Layar Amoled

  • Lebih hemat daya
  • Warna hitam pekat dan putih yang sempurna
  • Sensor sentuh lebih sensitif
  • Ketebalan layar lebih tipis
  • Cocok untuk gaming

Kekurangan Layar Amoled

  • Rawan terkena efek Burn-in
  • Biaya Produksi yang mahal

Mana yang Lebih Bagus, IPS atau Amoled?

Baik Layar IPS maupun Amoled, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, persoalan untuk memilih bagus mana antara IPS dan Amoled adalah tergantung pada kebutuhan dan keperluan.

Perfoma Gaming IPS vs Amoled

Selain irit, layar Amoled bisa mendapatkan refresh rate (FPS) yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan layar IPS LCD. Untuk mendapatkan pengalaman yang baik dalam bermain game, kami menyarankan untuk menggunakan smartphone dengan layar Amoled.

Perbandingan Harga IPS vs Amoled

Biaya produksi Layar IPS LCD lebih murah jika dibandingakan dengan layar Amoled. Oleh karena itu, Smartphone dengan Layar Amoled lebih diperuntukan bagi kalangan menengah ke atas (high-end smartphone).

Lama Waktu Penggunaan IPS vs Amoled

Teknologi pada layar Amoled lebih efisien dalam penggunaan daya. Hal ini lah yang membuat ponsel smartphone dengan layar Amoled dapat lebih lama digunakan. 

Ada hal yang harus kamu perhartikan dalam penggunaan layar Amoled. Jika kamu menggunakan wallpaper bernuansa gelap atau hitam (night mode) kamu dapat lebih menghemat baterai namun sebaliknya jika kamu sering menggunakan aplikasi atau wallpaper bernuansa putih maka layar Amoled bisa lebih boros dari Layar IPS LCD.

Tingkat Ketahanan IPS vs Amoled

Karena pada layar IPS tidak terdapat burn-in, maka layar IPS bisa bertahan lebih lama. Namun bukan berarti Amoled tidak bertahan lama, hanya saja kamu perlu  perawatan lebih selama penggunaan.

Sekian dari pembahasan perbedaan IPS dan Amoled. Ikuti blog kami untuk mendapatkan informasi edukatif lainnya. Bagikan artikel ini jika dapat memberikan manfaat. Kritik dan saran, silakan tinggalkan komentar di bawah.

Bagikan ke Temanmu