Cara Download Foto di Google Drive dengan Mudah dan Cepat

Informatif – Jika para artikel sebelumnya admin sudah menulis artikel tentang cara upload foto ke google drive, Kini waktunya kamu juga mengetahui Cara Download Foto di Google Drive dengan Mudah dan Cepat dan bisa dilakukan menggunakan PC Maupun smartphone.

Google Drive adalah salah satu layanan penyimpanan online dari Google yang sangat populer dan banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia.

Dengan Google Drive, kamu bisa menyimpan berbagai macam file, termasuk foto, video, dokumen, presentasi, dan lain-lain. Selain itu, kamu juga bisa mengakses file-file tersebut dari mana saja dan kapan saja, asalkan kamu terhubung dengan internet dan memiliki akun Google.

Namun, bagaimana jika kamu ingin mengunduh foto-foto yang ada di Google Drive ke dalam perangkat kamu, baik itu laptop, PC, atau smartphone? Apakah kamu tahu cara download foto di Google Drive dengan mudah dan cepat? Jika belum, maka kamu berada di tempat yang tepat.

Di artikel ini, saya akan menjelaskan langkah-langkah cara download foto di Google Drive dengan menggunakan berbagai metode, baik melalui browser, aplikasi, maupun program. Simak terus ya!

Cara Download Foto di Google Drive Melalui Browser

Salah satu cara download foto di Google Drive yang paling sederhana adalah melalui browser. Kamu bisa menggunakan browser apa saja, seperti Google Chrome, Firefox, Safari, Opera, atau Edge. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Download Satu Foto Yang ada di Google drive.

Ketika Link Google drive Buatan kamu sudah dibagikan ke orang lain, umumnya orang yang menerima tautan tersebut bisa download terkait file tersebut. Nah, ini Serupa ketika kalian akan download Foto yang sudah di unggah. Sama mudahnya..

1. Buka browser kamu dan kunjungi situs [Google Drive] 2. Masuk ke akun Google kamu dengan memasukkan alamat email dan kata sandi.
3. Pilih foto yang ingin kamu unduh dengan mengkliknya sekali. Kamu akan melihat preview foto tersebut di sebelah kanan.
4. Klik ikon panah ke bawah yang ada di pojok kanan atas preview foto. Ini adalah tombol download. Tunggu sampai proses download selesai.
5. Buka folder download di perangkat kamu dan cari foto yang baru saja kamu unduh. Biasanya, nama file foto akan sama dengan nama file di Google Drive, kecuali jika kamu sudah mengubahnya sebelumnya.

Sudah Baca ini ?   Membuat Skala Linier di Google Form

2. Cara Download Banyak Foto Sekaligus

  •  Buka browser kamu dan kunjungi situs [Google Drive]
  • Masuk ke akun Google kamu dengan memasukkan alamat email dan kata sandi.
  • Pilih foto-foto yang ingin kamu unduh dengan menekan tombol Ctrl (Windows) atau Command (Mac) sambil mengklik foto-foto tersebut. Kamu bisa memilih sebanyak mungkin foto yang kamu inginkan. Foto-foto yang dipilih akan ditandai dengan garis biru di sekelilingnya.
  • Klik kanan pada salah satu foto yang dipilih, lalu pilih Download dari menu yang muncul. Google Drive akan memampatkan foto-foto tersebut menjadi file ZIP. Tunggu sampai proses download selesai.
  • Buka folder download di perangkat kamu dan cari file ZIP yang baru saja kamu unduh. Biasanya, nama file ZIP akan berupa “download.zip” atau “download (1).zip” dan seterusnya, tergantung pada jumlah file ZIP yang sudah ada di folder download kamu.
  • Ekstrak file ZIP tersebut dengan menggunakan program yang sesuai, seperti WinRAR, 7-Zip, atau The Unarchiver. Kamu akan melihat folder yang berisi foto-foto yang kamu unduh dari Google Drive.

Cara Download Foto di Google Drive Melalui Aplikasi

Cara download foto di Google Drive yang kedua adalah melalui aplikasi. Kamu bisa menggunakan aplikasi Google Drive yang tersedia untuk smartphone Android dan iPhone. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Download Satu Foto

  • Buka aplikasi Google Drive di smartphone kamu. Pastikan kamu sudah masuk ke akun Google kamu.
  • Pilih foto yang ingin kamu unduh dengan mengetuknya sekali. Kamu akan melihat preview foto tersebut di layar.
  • Ketuk ikon tiga titik yang ada di pojok kanan atas preview foto. Ini adalah menu opsi.
  • Pilih Download dari menu opsi yang muncul. Tunggu sampai proses download selesai.
  • Buka galeri foto di smartphone kamu dan cari foto yang baru saja kamu unduh. Biasanya, foto tersebut akan tersimpan di folder yang bernama “Drive” atau “Google Drive”.

2. Cara Download Banyak Foto Sekaligus

  • Buka aplikasi Google Drive di smartphone kamu. Pastikan kamu sudah masuk ke akun Google kamu.
  • Pilih foto-foto yang ingin kamu unduh dengan menekan dan menahan salah satu foto, lalu ketuk foto-foto lainnya yang ingin kamu pilih. Kamu bisa memilih sebanyak mungkin foto yang kamu inginkan. Foto-foto yang dipilih akan ditandai dengan centang biru di sudutnya.
  • Ketuk ikon tiga titik yang ada di pojok kanan atas layar. Ini adalah menu opsi.
  • Pilih Download dari menu opsi yang muncul. Google Drive akan memampatkan foto-foto tersebut menjadi file ZIP. Tunggu sampai proses download selesai.
  • Buka file manager di smartphone kamu dan cari file ZIP yang baru saja kamu unduh. Biasanya, file ZIP tersebut akan tersimpan di folder yang bernama “Download” atau “Downloads”.
  • Ekstrak file ZIP tersebut dengan menggunakan aplikasi yang sesuai, seperti ZArchiver, RAR, atau File Manager. Kamu akan melihat folder yang berisi foto-foto yang kamu unduh dari Google Drive.
Sudah Baca ini ?   Cara Membuat Link Google Drive, Paling Gampang

Cara Download Foto di Google Drive Melalui Program

Cara download foto di Google Drive yang ketiga adalah melalui program. Kamu bisa menggunakan program Backup and Sync yang disediakan oleh Google untuk menyinkronkan file-file antara perangkat kamu dan akun Google Drive kamu.

Dengan cara ini, kamu bisa mengunduh semua foto yang ada di Google Drive ke dalam komputer kamu secara otomatis, dan juga mengunggah foto-foto yang ada di komputer kamu ke Google Drive secara otomatis. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka browser kamu dan kunjungi situs [Backup and Sync](https://www.google.com/drive/download/). Ini adalah situs resmi dari program Backup and Sync yang disediakan oleh Google.
  2. Klik tombol Download yang berwarna biru di bawah judul “Personal” di sisi kiri halaman.
  3. Klik Agree and download saat diminta. File installer Backup and Sync akan mulai diunduh ke komputer kamu.
  4. Pasang Backup and Sync. Setelah file installer diunduh, lakukan salah satu tindakan berikut ini (tergantung sistem operasi yang kamu gunakan):
    – Windows – Klik ganda file installer, klik Yes saat diminta, lalu klik Close setelah pemasangannya selesai.
    – Mac – Klik ganda file installer, verifikasikan pemasangannya saat diminta, klik dan seret ikon Backup and Sync ke pintasan folder “Applications”, lalu tunggu sampai pemasangannya selesai.
  5. Jalankan Backup and Sync. Kamu akan melihat ikon Backup and Sync yang berbentuk awan di taskbar (Windows) atau menu bar (Mac). Klik ikon tersebut untuk membuka program Backup and Sync.
  6. Masuk ke akun Google kamu dengan memasukkan alamat email dan kata sandi.
  7.  Pilih folder yang ingin kamu sinkronkan dengan Google Drive. Kamu bisa memilih folder yang sudah ada di komputer kamu, atau membuat folder baru khusus untuk Google Drive. Kamu juga bisa memilih opsi “Sync everything in My Drive” untuk menyinkronkan semua file yang ada di Google Drive kamu, termasuk foto-foto.
  8. Klik Next, lalu pilih opsi “Sync My Drive to this computer”. Ini akan membuat folder Google Drive di komputer kamu yang berisi semua file yang ada di Google Drive kamu, termasuk foto-foto.
  9. Klik Start untuk memulai proses sinkronisasi. Tunggu sampai proses sinkronisasi selesai. Kamu bisa melihat status sinkronisasi dengan mengklik ikon Backup and Sync di taskbar (Windows) atau menu bar (Mac).
  10. Buka folder Google Drive di komputer kamu dan cari foto-foto yang sudah tersinkronkan. Kamu bisa mengakses folder Google Drive dengan cara berikut ini (tergantung sistem operasi yang kamu gunakan):
    – Windows – Buka File Explorer, lalu klik Google Drive di sisi kiri jendela.
    – Mac – Buka Finder, lalu klik Google Drive di sisi kiri jendela.
  11. Pilih foto-foto yang ingin kamu salin atau pindahkan ke folder lain di komputer kamu. Kamu bisa menggunakan cara yang sama seperti saat memilih foto-foto di browser atau aplikasi Google Drive.
  12. Klik kanan pada salah satu foto yang dipilih, lalu pilih Copy atau Cut dari menu yang muncul. Copy akan membuat salinan foto-foto tersebut, sedangkan Cut akan memindahkan foto-foto tersebut.
  13. Buka folder tujuan di komputer kamu, lalu klik kanan di area kosong, dan pilih Paste dari menu yang muncul. Foto-foto yang kamu pilih akan disalin atau dipindahkan ke folder tujuan.

jelaskan makna dari negara merdeka menurut pandangan kalian sendiri

Akhir Kata

Demikianlah cara download foto di Google Drive dengan menggunakan berbagai metode, baik melalui browser, aplikasi, maupun program. Dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah saya jelaskan, kamu bisa mengunduh foto-foto yang ada di Google Drive ke dalam perangkat kamu dengan mudah dan cepat. Kamu juga bisa mengatur folder dan file di Google Drive sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kamu.

Sudah Baca ini ?   Cara Membuat Tabel di Google Docs: Langkah-Langkah Praktis dan Mudah

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu dalam mengelola foto-foto di Google Drive. Jika kamu memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca artikel ini sampai habis. Sampai jumpa di artikel selanjutnya! 😊