Cara Menyimpan Foto di Google Drive dengan Mudah dan Aman

Cara Menyimpan Foto di Google Drive – Apakah kamu sering mengambil foto dengan ponsel atau kamera? Jika ya, pasti kamu tahu betapa pentingnya menyimpan foto-foto tersebut dengan baik.

Foto adalah kenangan yang berharga, yang bisa kita lihat kembali kapan saja dan dimana saja. Namun, menyimpan foto di ponsel atau komputer saja tidak cukup aman.

Ponsel atau komputer bisa rusak, hilang, atau dicuri. Jika itu terjadi, foto-foto kita bisa ikut hilang dan tidak bisa dikembalikan lagi.

Untuk menghindari hal itu, ada baiknya kita menyimpan foto di tempat yang lebih aman, yaitu Google Drive. Google Drive adalah layanan penyimpanan online dari Google, yang bisa kita akses dengan akun Gmail.

Google Drive memberikan kita ruang penyimpanan gratis sebesar 15 GB, yang bisa kita gunakan untuk menyimpan berbagai jenis file, termasuk foto.

Dengan menyimpan foto di Google Drive, kita bisa mengaksesnya dari perangkat apapun, kapan saja, dan dimana saja, asalkan ada koneksi internet. Selain itu, kita juga bisa membagikan foto-foto tersebut dengan orang lain, atau mengunduhnya kembali jika perlu.

Lalu, bagaimana cara menyimpan foto di Google Drive? Ternyata, caranya sangat mudah dan cepat. Kamu bisa melakukannya dengan dua cara, yaitu melalui komputer atau melalui ponsel. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Cara Menyimpan Foto di Google Drive Melalui Komputer

cara simpan foto lewat google drive

Jika kamu ingin menyimpan foto dari komputer ke Google Drive, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka situs web Google Drive melalui peramban internet. Masukkan alamat 1 ke bilah alamat, kemudian tekan tombol Enter pada kibor.
  2. Masuk dengan akun Gmail kamu. Jika kamu belum punya akun Gmail, kamu bisa membuatnya terlebih dahulu dengan mengikuti petunjuk di layar.
  3. Klik dua kali folder tujuan penyimpanan foto. Kamu bisa memilih folder yang sudah ada, atau membuat folder baru dengan mengklik tombol New di pojok kiri atas layar, lalu pilih Folder.
  4. Klik tombol New lagi, lalu pilih File upload. Akan muncul jendela untuk memilih file yang ingin diunggah.
  5. Cari dan pilih foto yang ingin disimpan di Google Drive. Kamu bisa memilih satu atau lebih foto sekaligus dengan menahan tombol Ctrl pada kibor sambil mengklik foto.
  6. Klik tombol Open. Foto-foto yang dipilih akan mulai diunggah ke Google Drive. Tunggu sampai prosesnya selesai.
  7. Selesai. Kamu bisa melihat foto-foto yang sudah diunggah di folder yang kamu pilih. Kamu juga bisa mengubah nama, menghapus, atau memindahkan foto-foto tersebut sesuai keinginan.

Cara Membuat Link Google Drive, Paling Gampang

Cara Menyimpan Foto di Google Drive Melalui Ponsel

Jika kamu ingin menyimpan foto dari ponsel ke Google Drive, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Google Drive di ponsel kamu. Jika kamu belum punya aplikasinya, kamu bisa mengunduhnya gratis di Google Play Store atau App Store.
  2. Masuk dengan akun Gmail kamu. Jika kamu belum punya akun Gmail, kamu bisa membuatnya terlebih dahulu dengan mengikuti petunjuk di layar.
  3. Sentuh ikon folder di pojok kanan bawah layar. Kamu akan melihat daftar folder yang tersimpan di Google Drive.
  4. Sentuh folder tujuan penyimpanan foto. Kamu bisa memilih folder yang sudah ada, atau membuat folder baru dengan menyentuh ikon tanda tambah (+) di pojok kanan bawah layar, lalu pilih Folder.
  5. Sentuh ikon tanda tambah (+) lagi, lalu pilih Upload. Kamu akan dibawa ke daftar file dan folder yang ada di ponsel kamu.
  6. Pilih lokasi penyimpanan foto, misalnya Galeri, Kamera, atau lainnya. Kemudian, pilih foto yang ingin disimpan di Google Drive. Kamu bisa memilih satu atau lebih foto sekaligus dengan menahan foto sambil menyentuh foto lainnya.
  7. Sentuh tombol Upload. Foto-foto yang dipilih akan mulai diunggah ke Google Drive. Tunggu sampai prosesnya selesai.
  8. Selesai. Kamu bisa melihat foto-foto yang sudah diunggah di folder yang kamu pilih. Kamu juga bisa mengubah nama, menghapus, atau memindahkan foto-foto tersebut sesuai keinginan.
Sudah Baca ini ?   Cara Membuat Watermark di Google Docs, Fix Mudah

Demikianlah cara menyimpan foto di Google Drive dengan mudah dan aman. Dengan menyimpan foto di Google Drive, kamu tidak perlu khawatir lagi kehilangan foto-foto berharga kamu. Kamu juga bisa menghemat ruang penyimpanan di ponsel atau komputer kamu. Selain itu, kamu juga bisa membagikan foto-foto tersebut dengan orang lain, atau mengunduhnya kembali jika perlu. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu.