organisasi menurut para ahli

Pendahuluan

Halo selamat datang di informatif.id. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai konsep organisasi menurut para ahli. Organisasi merupakan suatu entitas yang terbentuk oleh sekelompok individu dengan tujuan mencapai sasaran tertentu. Di dalam organisasi, terdapat berbagai struktur, proses, dan hubungan yang mengatur bagaimana pekerjaan dilakukan.

Organisasi memiliki peran yang penting dalam dunia bisnis dan masyarakat. Dalam lingkungan bisnis, organisasi membantu mengkoordinasikan berbagai kegiatan individu atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama. Sementara itu, dalam masyarakat, organisasi dapat memfasilitasi kerja sama dan meningkatkan efisiensi dalam mencapai berbagai tujuan sosial.

Untuk memahami lebih dalam mengenai konsep organisasi, mari kita jelajahi pendapat para ahli mengenai hal ini.

Ahli 1: Max Weber

Menurut Max Weber, seorang sosiolog terkenal, organisasi dapat didefinisikan sebagai suatu entitas yang terdiri dari individu-individu yang memiliki tujuan bersama dan terorganisir berdasarkan hierarki yang terstruktur dengan jelas. Weber juga mengemukakan konsep otoritas dalam organisasi, di mana individu atau kelompok memegang kekuasaan untuk memerintah dan mengendalikan kegiatan dalam organisasi.

Kelebihan organisasi menurut Weber adalah adanya pemisahan tugas dalam kerja, yang memungkinkan spesialisasi dan peningkatan efisiensi. Namun, kekurangannya adalah adanya birokrasi yang cenderung lamban dan kaku dalam pengambilan keputusan.

Ahli 2: Henri Fayol

Sudah Baca ini ?   menabrak ayam di jalan pertanda apa menurut islam