pengertian bank menurut para ahli

Pendahuluan

Halo selamat datang di informatif.id. Pada artikel ini, kami akan membahas pengertian bank menurut para ahli. Sebagai lembaga penting dalam sistem keuangan, bank memiliki peran yang signifikan dalam perekonomian suatu negara. Mengetahui pengertian bank menurut para ahli dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang fungsi dan tujuan bank dalam masyarakat.

Dalam dunia perbankan, terdapat beragam definisi tentang bank yang dirumuskan oleh para ahli dalam bidang ekonomi dan keuangan. Setiap definisi tersebut memberikan sudut pandang yang berbeda tentang esensi dan karakteristik utama dari sebuah bank. Berikut ini adalah penjelasan tentang pengertian bank menurut para ahli.

Definisi Bank Menurut Para Ahli

1. Adam Smith

Menurut Adam Smith, seorang ekonom dan filsuf terkenal dari Skotlandia, bank adalah institusi yang bertindak sebagai pihak perantara antara pemberi pinjaman dan penerima pinjaman. Bank mengumpulkan dana dari masyarakat dan menyediakan kredit kepada individu, perusahaan, dan pemerintah.

2. John Kenneth Galbraith

Sedangkan menurut ekonom Amerika Serikat, John Kenneth Galbraith, bank adalah institusi keuangan yang mengambil pinjaman dari orang-orang kaya untuk memberikannya kepada orang-orang miskin. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi ketimpangan ekonomi dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.

Sudah Baca ini ?   usia remaja menurut who

3. Prof. Pratiwi

Profesor Pratiwi, seorang akademisi Indonesia yang mengkhususkan diri dalam studi perbankan, mendefinisikan bank sebagai lembaga keuangan yang melakukan aktivitas penghimpunan dana, penyediaan kredit, dan pelayanan jasa keuangan lainnya. Bank berperan dalam mempertemukan kebutuhan dana dari pihak surplus dengan pihak defisit dalam sistem perekonomian.

4. Prof. Bambang Riyanto

Dalam pandangan Profesor Bambang Riyanto, seorang pakar ekonomi keuangan Indonesia, bank adalah lembaga yang melakukan kegiatan penghimpunan dan pengalokasian dana serta menyediakan jasa-jasa keuangan lainnya. Bank berperan dalam menyediakan likuiditas bagi perekonomian dan memfasilitasi transaksi keuangan serta pembayaran dalam masyarakat.

5. Richard W. Carney

Menurut ekonom Amerika Serikat, Richard W. Carney, bank merupakan entitas finansial yang menyediakan pinjaman dan memberikan jasa pengaturan dalam keuangan. Bank bertindak sebagai penghubung antara pemilik modal dengan para pengusaha dalam pengalokasian sumber daya yang diperlukan untuk kegiatan ekonomi.

6. Prof. M. Farid

Profesor M. Farid, seorang pakar keuangan Islam, mendefinisikan bank sebagai lembaga yang bergerak dalam penghimpunan dana dari masyarakat melalui penerapan prinsip syariah. Bank syariah berkomitmen untuk meminimalisir transaksi yang mengandung riba (bunga) dan mematuhi prinsip-prinsip etika yang terkandung dalam ajaran Islam.

7. Dr. Muhammad Syafii Antonio

Muhammad Syafii Antonio, seorang ahli ekonomi Islam, menjelaskan bahwa bank adalah institusi keuangan yang berperan dalam menyediakan peluang investasi yang halal dan memberikan pembiayaan bagi pelaku usaha dengan prinsip syariah. Bank syariah bertujuan untuk mempromosikan ekonomi yang berkeadilan dan berkelanjutan dalam perspektif Islam.

Tabel – Pengertian Bank Menurut Para Ahli

Nama Ahli Definisi
Adam Smith Pihak perantara antara pemberi pinjaman dan penerima pinjaman
John Kenneth Galbraith Mengurangi ketimpangan ekonomi dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi
Prof. Pratiwi Penghimpunan dana, penyediaan kredit, dan pelayanan jasa keuangan
Prof. Bambang Riyanto Penghimpunan dan pengalokasian dana, menyediakan likuiditas, memfasilitasi transaksi dan pembayaran
Richard W. Carney Pinjaman dan pengaturan keuangan untuk mengalokasikan sumber daya ekonomi
Prof. M. Farid Penghimpunan dana dengan prinsip syariah
Dr. Muhammad Syafii Antonio Memberikan pembiayaan dan peluang investasi dengan prinsip syariah
Sudah Baca ini ?   arti mimpi melihat banjir berwarna coklat menurut islam

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa yang dimaksud dengan bank menurut Adam Smith?

Menurut Adam Smith, bank adalah institusi yang bertindak sebagai pihak perantara antara pemberi pinjaman dan penerima pinjaman.

2. Bagaimana pendapat John Kenneth Galbraith tentang bank?

John Kenneth Galbraith berpendapat bahwa bank adalah institusi keuangan yang mengambil pinjaman dari orang-orang kaya untuk memberikannya kepada orang-orang miskin dengan tujuan mengurangi ketimpangan ekonomi.

3. Apa yang dijelaskan oleh Prof. Pratiwi tentang pengertian bank?

Profesor Pratiwi menjelaskan bahwa bank adalah lembaga keuangan yang melakukan aktivitas penghimpunan dana, penyediaan kredit, dan pelayanan jasa keuangan lainnya.

4. Apa definisi bank menurut Prof. Bambang Riyanto?

Menurut Profesor Bambang Riyanto, bank adalah lembaga keuangan yang melakukan kegiatan penghimpunan dan pengalokasian dana serta menyediakan jasa-jasa keuangan lainnya.

5. Bagaimana pandangan Richard W. Carney tentang bank?

Menurut Richard W. Carney, bank merupakan entitas finansial yang menyediakan pinjaman dan memberikan jasa pengaturan dalam keuangan. Bank bertindak sebagai penghubung antara pemilik modal dengan para pengusaha dalam pengalokasian sumber daya.

6. Apa yang dimaksud dengan bank menurut Prof. M. Farid?

Profesor M. Farid menjelaskan bahwa bank adalah lembaga yang bergerak dalam penghimpunan dana dari masyarakat melalui penerapan prinsip syariah.

7. Pendapat Dr. Muhammad Syafii Antonio tentang bank adalah?

Menurut Dr. Muhammad Syafii Antonio, bank adalah institusi keuangan yang berperan dalam menyediakan peluang investasi yang halal dan memberikan pembiayaan bagi pelaku usaha dengan prinsip syariah.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa pengertian bank menurut para ahli mencakup peran bank sebagai pihak perantara, aktivitas penghimpunan dan pengalokasian dana, penyediaan kredit, pelayanan jasa keuangan, serta penerapan prinsip syariah dalam beberapa pandangan. Bank sebagai lembaga keuangan memiliki peran yang penting dalam menciptakan likuiditas, memperlancar transaksi, membantu pertumbuhan ekonomi, dan mendorong pelaku usaha. Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk memiliki pemahaman yang baik tentang pengertian bank agar dapat memanfaatkan layanan perbankan dengan bijak dalam kehidupan sehari-hari.

Sudah Baca ini ?   cara menghilangkan rasa takut menurut islam

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang pengertian bank menurut para ahli, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami siap membantu Anda!

Kata Penutup

Disclaimer: Artikel ini disusun hanya untuk tujuan informasi. Meskipun kami berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan informasi yang akurat dan terkini, tidak dapat dijamin keakuratan atau kelengkapan informasi dalam artikel ini. Segala tindakan yang diambil berdasarkan informasi yang terdapat dalam artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab pembaca.