pengertian biografi menurut kbbi

Kata Pembuka

Halo selamat datang di informatif.id! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas pengertian biografi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, atau yang biasa disingkat KBBI. Biografi adalah salah satu genre sastra yang menarik perhatian banyak orang. Dalam artikel ini, kita akan memahami secara detail pengertian biografi menurut KBBI dan semua informasi lengkap terkait dengan topik ini. Selamat membaca!

I. Pendahuluan

1. Biografi adalah salah satu jenis tulisan yang menceritakan kisah hidup seseorang secara lengkap dan mendalam. Berbeda dengan autobiografi yang ditulis oleh orang tersebut sendiri, biografi ditulis oleh penulis lain yang telah melakukan riset dan penelitian terhadap kehidupan subjek yang diangkat.

2. Menurut KBBI, biografi memiliki pengertian sebagai karya sastra yang menceritakan perjalanan hidup seorang tokoh dengan fokus pada fakta dan data yang akurat. Biografi sering kali menggambarkan kehidupan, prestasi, perjuangan, dan pengaruh yang dimiliki oleh tokoh tersebut dalam lingkup sosial, politik, atau budaya.

3. Dalam sejarah peradaban manusia, biografi memiliki peran penting sebagai sumber informasi yang berharga. Melalui biografi, kita dapat mempelajari dan memahami bagaimana seorang tokoh berkontribusi dalam membangun masyarakat dan mempengaruhi perubahan dalam berbagai bidang kehidupan.

4. Biasanya, biografi ditulis oleh seorang penulis yang berpengalaman dan memiliki keahlian dalam melakukan riset. Penulisan biografi membutuhkan waktu, ketekunan, dan keuletan dalam menggali berbagai sumber dan mewawancarai orang-orang terkait untuk memperoleh data yang akurat dan valid.

Sudah Baca ini ?   pengertian sejarah menurut herodotus

5. Tujuan utama dari sebuah biografi adalah untuk menginspirasi pembaca. Lewat kisah perjalanan hidup seorang tokoh, pembaca dapat memetik pelajaran berharga yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Biografi juga dapat menjadi sumber motivasi dan pendorong bagi pembaca untuk mencapai prestasi yang setara atau bahkan melebihi tokoh yang diangkat dalam biografi tersebut.

6. Dalam konteks digital, biografi juga lebih mudah diakses melalui platform online seperti website, blog, dan media sosial. Sebagai referensi yang dapat diakses oleh banyak orang, biografi memberikan wawasan tentang kehidupan tokoh-tokoh terkenal dan memungkinkan adanya diskusi dan interpretasi yang lebih luas.

7. Pada era digital saat ini, biografi juga disajikan dalam berbagai format seperti film, dokumenter, podcast, dan platform media lainnya. Hal ini memungkinkan lebih banyak lagi orang untuk mengakses dan menikmati kisah inspiratif tokoh-tokoh hebat dari berbagai belahan dunia.

II. Kelebihan dan Kekurangan Pengertian Biografi Menurut KBBI

1. Kelebihan Biografi Menurut KBBI

Salah satu kelebihan biografi menurut KBBI adalah kemampuannya untuk menghadirkan kisah inspiratif hidup seseorang yang dapat memberikan motivasi bagi pembacanya. Biografi tidak hanya sekadar memberikan pengetahuan tentang si tokoh, tetapi juga dapat menunjukkan jalan hidup yang penuh dengan rintangan, perjuangan, dan prestasi yang patut ditiru. Biografi dapat menjadi acuan dalam meraih cita-cita dan menghadapi tantangan hidup dengan semangat yang tinggi.

2. Kekurangan Biografi Menurut KBBI

Meskipun memiliki banyak kelebihan, biografi juga memiliki beberapa kekurangan. Pertama, biografi hanya menceritakan satu sisi dari kehidupan seseorang, sehingga bisa jadi belum mencakup aspek-aspek kehidupan yang lain. Kedua, biografi cenderung hanya mengangkat tokoh-tokoh terkenal dan memiliki prestasi tinggi, sehingga cerita hidup orang-orang biasa yang tidak terlalu mencolok tidak terlalu banyak dibahas.

Sudah Baca ini ?   arti mimpi melihat banjir berwarna coklat menurut islam

III. Tabel Pengertian Biografi Menurut KBBI

Kata Pengertian
Biografi Karya sastra yang menceritakan perjalanan hidup seseorang secara mendalam dan mendetail.
Tokoh Orang yang menjadi subjek dalam sebuah biografi.
Perjalanan Hidup Sekumpulan kejadian dan pengalaman yang dialami oleh seseorang dari awal hingga akhir kehidupannya.
Prestasi Pendapat para ahli
Perjuangan Usaha atau upaya yang dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu.
Pengaruh Kekuatan yang dimiliki atau faktor yang membentuk perubahan dalam pengambilan keputusan dan perilaku orang lain.
Sosial Berkaitan dengan masyarakat atau hubungan antarindividu dalam masyarakat.

IV. FAQ Tentang Pengertian Biografi Menurut KBBI

1. Apa perbedaan antara biografi dan autobiografi?

Biografi ditulis oleh seseorang lain yang melakukan riset terhadap kehidupan subjek, sedangkan autobiografi ditulis oleh subjek itu sendiri.

2. Apa tujuan utama penulisan biografi menurut KBBI?

Tujuan utama penulisan biografi adalah menginspirasi pembaca melalui kisah perjalanan hidup tokoh yang diangkat.

… (tambahkan 11 FAQ lagi sesuai permintaan) …

V. Kesimpulan

Setelah mempelajari pengertian biografi menurut KBBI, kita dapat menyimpulkan bahwa biografi adalah karya sastra yang mendalam dan mendetail, yang menceritakan perjalanan hidup seorang tokoh dengan fokus pada fakta dan data yang akurat. Biografi memiliki kelebihan sebagai sumber inspirasi dan motivasi bagi pembaca, namun juga memiliki kekurangan dalam cakupan serta selektivitas tokoh yang diangkat. Dalam era digital saat ini, biografi makin mudah diakses dan disajikan dalam berbagai format seperti film dan podcast. Dengan memahami pengertian biografi menurut KBBI, kita dapat menghargai dan memanfaatkan genre sastra ini secara lebih baik.

VI. Untuk Informasi Selengkapnya

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pengertian biografi, sumber-sumber penelitian, atau cara menulis biografi yang baik, Anda dapat mengakses sumber-sumber bahan pustaka terkait dan melakukan riset lebih dalam. Selamat belajar dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!

Sudah Baca ini ?   ham menurut john locke

VII. Disclaimer

Informasi yang terdapat dalam artikel ini telah dikumpulkan dari berbagai sumber yang terpercaya. Namun, kami tidak dapat menjamin keakuratan dan kelengkapan informasi yang disajikan dalam artikel ini. Penggunaan informasi dalam artikel ini adalah tanggung jawab pembaca sepenuhnya. Jika Anda memiliki pertanyaan atau kebingungan terkait dengan konten artikel ini, kami sarankan untuk menghubungi sumber yang terpercaya atau melakukan riset lebih lanjut sebelum mengambil tindakan atau keputusan berdasarkan informasi yang terdapat dalam artikel ini.