pengertian harga menurut para ahli

Pendahuluan

Halo selamat datang di informatif.id. Pada artikel ini, kita akan membahas tentang pengertian harga menurut para ahli. Harga adalah salah satu konsep yang penting dalam ekonomi dan bisnis. Dalam aktivitas ekonomi sehari-hari, kita sering kali berhubungan dengan harga barang dan jasa. Namun, apa sebenarnya pengertian harga menurut para ahli? Mari kita cari tahu lebih lanjut.

Pengertian Harga Menurut Para Ahli

Ada beberapa definisi tentang harga menurut para ahli. Berikut ini beberapa penjelasan dari para ahli ekonomi tentang pengertian harga:

Eduard von Boehm-Bawerk

Eduard von Boehm-Bawerk adalah seorang ahli ekonomi dari Austria. Menurutnya, harga adalah refleksi dari total kebutuhan yang harus dikorbankan oleh individu untuk mendapatkan sesuatu. Dalam pandangannya, harga adalah pertukaran yang adil antara jumlah tenaga kerja yang terlibat dalam produksi barang atau jasa tersebut.

Adam Smith

Adam Smith, seorang ekonom terkenal dari Skotlandia, berpendapat bahwa harga adalah hasil dari kekuatan pasar. Menurutnya, harga ditentukan oleh permintaan dan penawaran di pasar. Jika permintaan suatu barang atau jasa tinggi, dan penawarannya terbatas, maka harga akan naik. Sebaliknya, jika permintaan rendah dan penawaran tinggi, harga cenderung turun.

Sudah Baca ini ?   menurut bahasa zakat artinya

Alfred Marshall

Alfred Marshall, seorang ekonom dari Inggris, memiliki pandangan lebih rinci tentang harga. Menurutnya, harga adalah hasil dari interaksi antara biaya produksi, keuntungan, dan utilitas yang diterima oleh konsumen. Ia juga menekankan pentingnya faktor-faktor non-ekonomi, seperti faktor sosial dan psikologis dalam menentukan harga.

John Maynard Keynes

John Maynard Keynes adalah seorang ekonom dari Inggris yang terkenal dengan teori Keynesian. Menurutnya, harga adalah instrumen yang penting dalam mengatur tingkat pengeluaran dan kegiatan ekonomi. Ia berpendapat bahwa fluktuasi harga dapat mempengaruhi tingkat pengangguran dan inflasi dalam suatu negara.

David Ricardo

David Ricardo, seorang ekonom Inggris, mengemukakan teori tentang harga tenaga kerja. Menurutnya, harga tenaga kerja ditentukan oleh faktor persaingan antara pekerja. Jika jumlah tenaga kerja lebih banyak daripada jumlah pekerjaan yang tersedia, maka harga tenaga kerja akan rendah. Sebaliknya, jika jumlah pekerjaan lebih banyak daripada tenaga kerja yang tersedia, maka harga tenaga kerja akan tinggi.

Carl Menger

Carl Menger adalah seorang ekonom Jerman yang dianggap sebagai salah satu pendiri Aliran Marginalisme. Menurutnya, harga ditentukan oleh utilitas marginil, yaitu utilitas tambahan yang diperoleh dari konsumsi satu unit barang atau jasa tambahan. Jika utilitas marginil tinggi, maka harga cenderung tinggi.

Milton Friedman

Milton Friedman, seorang ekonom dan pemenang Nobel dari Amerika Serikat, memiliki pandangan bahwa harga adalah hasil dari interaksi antara penawaran dan permintaan. Ia berpendapat bahwa pasar yang bebas dan kompetitif adalah mekanisme terbaik untuk menentukan harga yang efisien.

Tabel Pengertian Harga Menurut Para Ahli

Nama Ahli Pengertian Harga
Eduard von Boehm-Bawerk Pertukaran yang adil antara jumlah tenaga kerja yang terlibat dalam produksi barang atau jasa
Adam Smith Hasil dari kekuatan pasar, ditentukan oleh permintaan dan penawaran
Alfred Marshall Hasil interaksi antara biaya produksi, keuntungan, dan utilitas yang diterima oleh konsumen
John Maynard Keynes Instrumen penting dalam mengatur tingkat pengeluaran dan kegiatan ekonomi
David Ricardo Dideterminasi oleh faktor persaingan antara pekerja
Carl Menger Dideterminasi oleh utilitas marginil, utilitas tambahan yang diperoleh dari konsumsi satu unit tambahan
Milton Friedman Hasil interaksi antara penawaran dan permintaan dalam pasar yang bebas dan kompetitif
Sudah Baca ini ?   jelaskan tentang definisi hikayat menurut pendapatmu

FAQ tentang Pengertian Harga Menurut Para Ahli

1. Apa pengertian harga menurut Eduard von Boehm-Bawerk?

Jawab: Menurut Eduard von Boehm-Bawerk, harga adalah pertukaran yang adil antara jumlah tenaga kerja yang terlibat dalam produksi barang atau jasa.

2. Bagaimana pendapat Adam Smith mengenai harga?

Jawab: Adam Smith berpendapat bahwa harga ditentukan oleh permintaan dan penawaran di pasar. Jika permintaan tinggi dan penawaran terbatas, maka harga naik.

3. Apa yang dikemukakan oleh Alfred Marshall tentang harga?

Jawab: Alfred Marshall berpendapat bahwa harga adalah hasil dari interaksi antara biaya produksi, keuntungan, dan utilitas yang diterima oleh konsumen.

4. Bagaimana pandangan John Maynard Keynes terhadap harga?

Jawab: Menurut John Maynard Keynes, harga adalah instrumen penting dalam mengatur tingkat pengeluaran dan kegiatan ekonomi.

5. Apa teori yang dikemukakan David Ricardo tentang harga tenaga kerja?

Jawab: David Ricardo berpendapat bahwa harga tenaga kerja ditentukan oleh faktor persaingan antara pekerja.

6. Apa yang dimaksud dengan utilitas marginil menurut Carl Menger?

Jawab: Menurut Carl Menger, utilitas marginil adalah utilitas tambahan yang diperoleh dari konsumsi satu unit barang atau jasa tambahan.

7. Bagaimana pandangan Milton Friedman mengenai harga?

Jawab: Milton Friedman berpendapat bahwa harga adalah hasil dari interaksi antara penawaran dan permintaan dalam pasar yang bebas dan kompetitif.

Kesimpulan

Setelah mempelajari pengertian harga menurut para ahli, dapat disimpulkan bahwa harga merupakan pertukaran yang adil antara jumlah tenaga kerja yang terlibat dalam produksi barang atau jasa. Harga juga ditentukan oleh permintaan dan penawaran di pasar, serta interaksi antara biaya produksi, keuntungan, dan utilitas yang diterima oleh konsumen. Faktor-faktor seperti persaingan antara pekerja, utilitas marginil, dan mekanisme pasar yang bebas juga mempengaruhi harga.

Sudah Baca ini ?   telinga berdenging menurut islam

Memahami pengertian harga menurut para ahli sangat penting dalam memahami proses ekonomi dan bisnis. Dengan memahami konsep harga, kita dapat membuat keputusan yang lebih baik dalam mengelola keuangan pribadi, berinvestasi, atau menjalankan bisnis. Selain itu, pemahaman tentang harga juga berguna dalam analisis ekonomi dan kebijakan publik.

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang pengertian harga dan konsep ekonomi lainnya, silakan telusuri artikel-artikel lain di informatif.id. Kami berharap artikel ini dapat memberikan pemahaman yang bermanfaat bagi pembaca. Jangan ragu untuk berbagi artikel ini dengan orang lain yang mungkin tertarik dengan topik ini. Terima kasih telah membaca!

Kami adalah komunitas Informasi Informasi yang memberikan wawasan yang mendalam serta terkini tentang berbagai topik dan masalah penting dalam kehidupan sehari-hari. Kami selalu berusaha memberikan informasi yang akurat dan dapat dipercaya, namun kami tidak bertanggung jawab atas keputusan yang diambil berdasarkan informasi di situs web kami. Kami sarankan Anda untuk selalu melakukan riset lebih lanjut sebelum mengambil keputusan penting.

Informatif.id adalah situs web yang independen dan tidak terafiliasi dengan institusi atau organisasi manapun. Pendapat yang diungkapkan oleh penulis kami sepenuhnya merupakan pandangan pribadi dan tidak mewakili pandangan dari organisasi manapun.

Terakhir, Anda bertanggung jawab sepenuhnya atas tindakan Anda sendiri. Kami tidak bertanggung jawab atas kerugian atau kerusakan yang ditimbulkan oleh informasi yang ditemukan di situs web kami. Harap menggunakan informasi yang kami sediakan dengan bijak.