pengertian observasi menurut para ahli

Pendahuluan

Halo selamat datang di informatif.id. Dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian observasi menurut para ahli. Observasi adalah metode penelitian yang penting dalam ilmu pengetahuan dan penelitian. Dengan melakukan observasi, para peneliti dapat mengamati dan mendokumentasikan fenomena yang diamati secara langsung. Observasi dapat dilakukan dalam berbagai konteks, mulai dari penelitian ilmiah hingga pengamatan perilaku manusia.

Dalam pendahuluan ini, kita akan menjelaskan pengertian observasi secara umum, kemudian melanjutkan dengan beberapa kontribusi dari para ahli dalam bidang ini. Dengan pemahaman yang baik tentang pengertian observasi menurut para ahli, kita dapat mengaplikasikan metode ini dengan tepat dalam penelitian kita.

Pengertian Observasi Menurut Para Ahli

Berikut adalah pengertian observasi menurut beberapa ahli:

Ahli Pengertian Observasi
John Dewey Observasi adalah proses mengamati dan mengumpulkan data melalui penggunaan indra manusia.
Burton Watson Observasi adalah penggunaan indra dan akal untuk memperoleh pengetahuan tentang dunia.
Dr. Ivan Pavlov Observasi adalah metode ilmiah yang digunakan untuk mengamati tingkah laku organisme hidup.
B.F. Skinner Observasi adalah bentuk empirisme yang melibatkan penggunaan alat pengukuran untuk mengamati dan mencatat tingkah laku.
Sudah Baca ini ?   kebutuhan menurut waktu

Secara umum, para ahli setuju bahwa observasi melibatkan penggunaan indra manusia untuk mengamati dan memahami fenomena yang terjadi. Observasi dapat melibatkan penggunaan alat pengukuran dan teknologi untuk mendapatkan data yang akurat.

Kelebihan Observasi Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa kelebihan yang diungkapkan oleh para ahli terkait penggunaan observasi:

1. Keakuratan Data

Observasi memungkinkan pengumpulan data yang akurat karena pengamatan dilakukan secara langsung dan real-time.

2. Objektivitas

Observasi dapat memberikan data yang objektif, karena tidak melibatkan interpretasi atau pendapat subjektif dari pengamat.

3. Kebebasan Konteks

Dalam observasi, data dapat dikumpulkan tanpa melibatkan pertanyaan atau gangguan dari pengamat, sehingga memungkinkan pengamatan yang lebih alami dan bebas dari bias.

4. Kemampuan untuk Mendapatkan Data yang Langka

Pada beberapa kasus, observasi dapat menjadi satu-satunya cara untuk mendapatkan data pada fenomena yang langka atau sulit diamati melalui metode lain.

5. Pengamatan Kualitatif dan Kuantitatif

Melalui observasi, kita dapat mengumpulkan data secara kualitatif dengan mengamati perilaku atau kualitas tertentu, atau kuantitatif melalui penggunaan alat pengukuran seperti sensor atau alat ukur lainnya.

6. Pengamatan dalam Kondisi Alami

Observasi dapat dilakukan dalam kondisi alami di mana fenomena tersebut biasanya terjadi, sehingga memberikan pemahaman yang lebih baik tentang konteks dan situasi sebenarnya.

7. Validasi Hipotesis

Melalui observasi, kita dapat mengumpulkan data yang diperlukan untuk menguji dan memvalidasi hipotesis yang telah diajukan sebelumnya.

Dengan memahami kelebihan observasi menurut para ahli ini, kita dapat mengaplikasikan metode ini dengan lebih efektif dalam penelitian kita.

Kelemahan Observasi Menurut Para Ahli

Tidak hanya memiliki kelebihan, observasi juga memiliki beberapa kelemahan yang perlu diwaspadai. Berikut adalah beberapa kelemahan yang diungkapkan oleh para ahli:

Sudah Baca ini ?   kurikulum menurut para ahli

1. Subyektivitas

Observasi dapat dipengaruhi oleh bias atau interpretasi subjektif dari pengamat, sehingga memunculkan potensi kesalahan dalam pengumpulan data.

2. Keterbatasan Jangkauan

Observasi hanya mampu mengamati fenomena yang dapat diamati secara langsung dan dalam jangkauan pengamat, sehingga terdapat keterbatasan pada jenis data yang dapat dikumpulkan.

3. Waktu dan Biaya

Pelaksanaan observasi dapat memakan waktu dan biaya yang cukup besar, terutama ketika mengamati fenomena yang memiliki rentang waktu yang lama atau memerlukan alat pengukuran yang mahal.

4. Pengaruh Pengamat

Terdapat kemungkinan adanya pengaruh dari kehadiran pengamat terhadap fenomena yang sedang diamati, yang dapat mengubah perilaku dari objek penelitian.

5. Interpretasi Data yang Rumit

Data yang diperoleh melalui observasi dapat rumit dalam interpretasinya, terutama ketika fenomena yang diamati melibatkan banyak variabel atau kompleksitas tertentu.

6. Kesulitan dalam Mengamati Fenomena Rare

Berdasarkan karakteristik fenomena yang diamati, terkadang fenomena yang langka atau jarang terjadi sulit diamati melalui observasi.

7. Pengamatan yang Tidak Interaktif

Dalam observasi, tidak ada interaksi langsung antara pengamat dan objek yang diamati, sehingga beberapa konteks atau informasi penting mungkin terlewat atau kurang dipahami.

Dengan memahami kelemahan observasi menurut para ahli ini, kita dapat mengantisipasi dan meminimalkan potensi kesalahan dalam penggunaan metode ini.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas pengertian observasi menurut para ahli. Observasi adalah metode penting dalam penelitian yang melibatkan penggunaan indra manusia untuk mengamati fenomena yang dalam lingkup yang beragam.

Para ahli seperti John Dewey, Burton Watson, Dr. Ivan Pavlov, dan B.F. Skinner memberikan kontribusi penting dalam memahami pengertian observasi dan prinsip-prinsip yang terkait dengan metode ini.

Observasi memiliki kelebihan seperti keakuratan data, objektivitas, dan kemampuan untuk mendapatkan data yang langka. Namun, metode ini juga memiliki kelemahan seperti subyektivitas, keterbatasan jangkauan, dan keterbatasan waktu dan biaya.

Sudah Baca ini ?   pengertian analisis menurut para ahli

Dengan pemahaman yang baik tentang kelebihan dan kelemahan pengertian observasi menurut para ahli, kita dapat menerapkan metode ini dengan lebih efektif dan menghasilkan hasil penelitian yang berkualitas.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)