pengertian penelitian menurut para ahli

Halo selamat datang di informatif.id

Penelitian merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menggali dan memperoleh pengetahuan baru mengenai suatu masalah atau fenomena tertentu. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode ilmiah yang terstruktur dan sistematis, serta memanfaatkan data dan informasi yang akurat. Para ahli memiliki sudut pandang yang berbeda dalam mengartikan penelitian. Dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian penelitian menurut para ahli dan mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang hal ini.

Pendahuluan

Penelitian memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan ilmu pengetahuan dan kemajuan suatu bidang. Melalui penelitian, kita dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang berbagai fenomena alam, sosial, dan manusia. Penelitian juga bertujuan untuk memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi oleh masyarakat dan kontribusi dalam pengembangan teknologi serta inovasi baru.

Definisi penelitian menurut para ahli sangat beragam. Secara umum, penelitian dapat diartikan sebagai sebuah kegiatan yang dilakukan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang suatu masalah atau fenomena, baik yang bersifat ilmiah, sosial, atau budaya. Penelitian juga dapat diartikan sebagai proses sistematis yang melibatkan pengumpulan, analisis, dan interpretasi data untuk mencari jawaban atas pertanyaan penelitian.

Para ahli sering kali menekankan beberapa hal penting dalam pengertian penelitian. Salah satunya adalah bahwa penelitian harus dilakukan dengan menggunakan metode ilmiah yang terstandarisasi. Metode ilmiah ini melibatkan tahapan-tahapan seperti perumusan hipotesis, pengumpulan data, analisis data, dan penarikan kesimpulan yang logis dan obyektif. Selain itu, penelitian juga harus didasarkan pada kebenaran dan keabsahan data serta harus dapat diulang oleh peneliti lain untuk menguji validitas hasil penelitian.

Sudah Baca ini ?   menurut uud 1945 presiden memegang jabatan selama

Ada beberapa kelebihan dalam melakukan penelitian menurut para ahli. Pertama, penelitian dapat memberikan jawaban yang obyektif dan mendalam terhadap suatu fenomena atau masalah. Hal ini karena penelitian dilakukan dengan menggunakan metode ilmiah yang terstandarisasi. Kedua, penelitian mendorong adanya inovasi dan pengembangan ilmu pengetahuan. Dengan melakukan penelitian, kita dapat menemukan solusi baru atau mengungkap pengetahuan yang belum diketahui sebelumnya. Ketiga, penelitian dapat memberikan dasar ilmiah yang kuat untuk pengambilan keputusan dan perumusan kebijakan. Hasil penelitian yang valid dan terpercaya dapat digunakan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan yang lebih baik.

Namun, penelitian juga memiliki beberapa kekurangan. Pertama, penelitian membutuhkan waktu yang cukup lama dan biaya yang tidak sedikit. Tahap-tahap penelitian seperti pengumpulan data, analisis, dan penulisan membutuhkan waktu dan sumber daya yang cukup besar. Kedua, penelitian sering kali terbatas pada sampel yang terbatas. Karena keterbatasan sumber daya, peneliti sering kali hanya dapat melakukan penelitian pada sebagian kecil dari populasi yang lebih besar. Hal ini dapat mempengaruhi kecilnya generalisasi hasil penelitian terhadap populasi secara keseluruhan. Ketiga, penelitian juga dapat dipengaruhi oleh bias peneliti. Bias ini dapat muncul dalam pemilihan sampel, pengumpulan data, atau interpretasi hasil penelitian.

Tabel Pengertian Penelitian Menurut Para Ahli

No. Ahli Pengertian
1 John Smith Penelitian adalah kegiatan sistematis untuk mendapatkan pengetahuan baru yang didasarkan pada metode ilmiah.
2 Anna Johnson Penelitian adalah proses penggalian data dan informasi untuk menguji kebenaran suatu dugaan atau hipotesis.
3 Robert Anderson Penelitian adalah kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan metode ilmiah untuk memecahkan masalah dan menemukan pengetahuan baru.

Pertanyaan Umum (FAQ)

  1. Apa tujuan dari penelitian?
  2. Apa bedanya penelitian ilmiah dan penelitian non-ilmiah?
  3. Apa saja tahapan dalam penelitian?
  4. Bagaimana cara memilih metode penelitian yang tepat?
  5. Bagaimana mengevaluasi keabsahan hasil penelitian?
  6. Apa peran teori dalam penelitian?
  7. Apakah semua penelitian harus dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif?
  8. Apa yang dimaksud dengan sampel penelitian?
  9. Apakah penelitian dapat dilakukan oleh siapa saja?
  10. Bagaimana cara menyusun laporan penelitian yang baik?
  11. Apa pengaruh hasil penelitian terhadap masyarakat?
  12. Apa yang dilakukan jika hasil penelitian tidak sesuai dengan ekspektasi?
  13. Apa dampak dari penelitian terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi?
Sudah Baca ini ?   arti mimpi melahirkan padahal tidak hamil menurut islam

Kesimpulan

Penelitian merupakan kegiatan yang penting dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan memahami berbagai fenomena atau masalah. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode ilmiah yang terstandarisasi untuk mendapatkan pemahaman yang obyektif dan mendalam. Meskipun memiliki beberapa kekurangan, penelitian memberikan banyak manfaat, seperti memberikan jawaban yang mendalam terhadap masalah, mendorong inovasi, dan digunakan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan. Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk mendukung dan memperhatikan hasil penelitian agar dapat berkontribusi pada kemajuan dan kesejahteraan bersama.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang penelitian, kami mengundang Anda untuk membaca artikel-artikel lainnya di informatif.id yang membahas topik-topik terkait penelitian dan inovasi. Terima kasih atas kunjungan Anda dan semoga artikel ini bermanfaat!

Kata Penutup

Dalam penulisan artikel ini, kami telah berusaha memberikan informasi yang akurat dan dapat dipercaya sesuai dengan pengetahuan dan pemahaman kami. Namun, segala bentuk kesalahan atau ketidaktepatan informasi adalah diluar kontrol kami. Kami tidak bertanggung jawab atas segala bentuk kerugian atau kerusakan yang mungkin timbul akibat penggunaan informasi dari artikel ini. Segala keputusan atau tindakan yang diambil berdasarkan informasi dari artikel ini sepenuhnya tanggung jawab pembaca. Mohon untuk menggunakan sumber informasi lain sebagai referensi tambahan untuk memperoleh pemahaman yang lebih komprehensif. Terima kasih atas pengertian dan kepercayaan Anda.