pengertian sumber daya manusia menurut para ahli

Halo, Selamat Datang di informatif.id!

Pada artikel ini, kami akan membahas pengertian sumber daya manusia menurut para ahli. Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor penting dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Dalam peranannya, sumber daya manusia berperan sebagai penggerak utama dalam mencapai tujuan perusahaan. Mengetahui definisi sumber daya manusia menurut para ahli sangatlah penting dalam pengelolaan dan pengembangan sumber daya manusia.

Pendahuluan

1. Menurut Noe (2013), sumber daya manusia adalah salah satu aset berharga yang dimiliki perusahaan. Sumber daya manusia meliputi semua karyawan dan staf yang bekerja untuk mencapai tujuan perusahaan.

2. Menurut Dessler (2015), sumber daya manusia adalah segala kemampuan, pengetahuan, dan keterampilan individu yang dapat dibeli oleh organisasi.

3. Menurut Gatewood et al. (2015), sumber daya manusia adalah segala aktivitas dan kegiatan yang terkait dengan pengelolaan tenaga kerja dalam organisasi.

4. Menurut Milkovich dan Boudreau (2017), sumber daya manusia adalah kombinasi pengetahuan, keterampilan, sikap, dan kemampuan karyawan yang berkontribusi langsung terhadap kinerja perusahaan.

5. Menurut Mondy dan Noe (2016), sumber daya manusia adalah faktor penting dalam pencapaian tujuan organisasi dan melibatkan proses rekrutmen, seleksi, SDM pengembangan, kompensasi, dan hubungan industrial.

Sudah Baca ini ?   pengertian umkm menurut para ahli

6. Menurut Armstrong dan Armstrong (2014), sumber daya manusia adalah aset organisasi yang bernilai dan dapat dikembangkan melalui program pelatihan dan pengembangan.

7. Menurut Gary Dessler (2017), sumber daya manusia adalah fungsi manajemen yang bertanggung jawab untuk memaksimalkan kontribusi karyawan terhadap kesuksesan organisasi.

Kelebihan dan Kekurangan Pengertian Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli

1. Kelebihan pengertian sumber daya manusia menurut para ahli adalah dapat membantu perusahaan mengelola karyawan dengan efektif, mengoptimalkan penggunaan sumber daya manusia, dan meningkatkan produktivitas perusahaan.

2. Kekurangan pengertian sumber daya manusia menurut para ahli adalah dapat terjadi kesenjangan antara teori dan praktik dalam implementasi manajemen sumber daya manusia, sulitnya mengukur kontribusi sumber daya manusia terhadap kesuksesan perusahaan, dan sulitnya mengatasi masalah hubungan industrial di dalam organisasi.

Secara keseluruhan, pengertian sumber daya manusia menurut para ahli memberikan pemahaman yang komprehensif tentang peran dan fungsi sumber daya manusia dalam sebuah organisasi. Dengan memahami pengertian tersebut, perusahaan dapat mengelola sumber daya manusia dengan efektif dan efisien untuk mencapai tujuan organisasi.

No. Nama Ahli Pengertian Sumber Daya Manusia
1 Noe (2013) Asset berharga yang dimiliki perusahaan.
2 Dessler (2015) Kemampuan, pengetahuan, dan keterampilan yang dapat dibeli oleh organisasi.
3 Gatewood et al. (2015) Aktivitas dan kegiatan terkait dengan pengelolaan tenaga kerja.
4 Milkovich dan Boudreau (2017) Kombinasi pengetahuan, keterampilan, sikap, dan kemampuan karyawan.
5 Mondy dan Noe (2016) Faktor penting dalam pencapaian tujuan organisasi.
6 Armstrong dan Armstrong (2014) Aset organisasi yang bernilai dan dapat dikembangkan.
7 Gary Dessler (2017) Fungsi manajemen untuk memaksimalkan kontribusi karyawan.

FAQ tentang Pengertian Sumber Daya Manusia

1. Apa yang dimaksud dengan sumber daya manusia?

Sumber daya manusia adalah semua karyawan dan staf yang bekerja untuk mencapai tujuan perusahaan.

Sudah Baca ini ?   hukum pacaran menurut islam

2. Mengapa sumber daya manusia penting bagi sebuah organisasi?

Sumber daya manusia penting bagi sebuah organisasi karena mereka adalah penggerak utama yang mendukung pencapaian tujuan perusahaan.

3. Apa saja komponen sumber daya manusia?

Komponen sumber daya manusia meliputi pengetahuan, keterampilan, sikap, dan kemampuan individu yang berkontribusi terhadap kinerja perusahaan.

4. Bagaimana cara mengelola sumber daya manusia?

Manajemen sumber daya manusia melibatkan proses rekrutmen, seleksi, pengembangan, kompensasi, dan hubungan industrial dalam organisasi.

5. Apakah sumber daya manusia dapat dikembangkan?

Ya, sumber daya manusia dapat dikembangkan melalui program pelatihan dan pengembangan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan karyawan.

6. Mengapa implementasi manajemen sumber daya manusia sulit?

Implementasi manajemen sumber daya manusia sulit karena terkadang terjadi kesenjangan antara teori dan praktik dalam mengelola sumber daya manusia di dalam organisasi.

7. Apa saja keuntungan pengelolaan sumber daya manusia yang efektif?

Keuntungan pengelolaan sumber daya manusia yang efektif termasuk optimalisasi penggunaan sumber daya manusia dan peningkatan produktivitas perusahaan.

Kesimpulan

Pengertian sumber daya manusia menurut para ahli memberikan pemahaman yang luas tentang peran dan fungsi sumber daya manusia dalam organisasi. Sumber daya manusia merupakan aset berharga yang dapat dikelola dan dikembangkan untuk mencapai tujuan organisasi. Meskipun terdapat kekurangan dalam implementasi manajemen sumber daya manusia, namun pengelolaan yang efektif dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan.

Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk memahami pengertian sumber daya manusia menurut para ahli dan mengimplementasikan praktik manajemen sumber daya manusia yang baik. Dengan demikian, perusahaan dapat memaksimalkan kontribusi karyawan dan mencapai kesuksesan organisasi.

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang pengertian sumber daya manusia, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami siap membantu Anda!

Sudah Baca ini ?   definisi kelompok sosial menurut para ahli

Terima kasih telah membaca artikel ini.

Disclaimer: Artikel ini hanya bertujuan untuk memberikan informasi umum. Pembaca disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli terkait sebelum mengambil tindakan berdasarkan informasi dalam artikel ini.