Cara Membuat Link Google Form, Panduan Praktis dan Mudah

Selamat datang kembali di informatif, pasti sudah tidak asing lagi dengan Google Form, bukan? Yup, Google Form merupakan salah satu alat yang sangat berguna untuk membuat formulir online, termasuk dalam pembuatan link Google Form.

Penasaran cara membuat link Google Form serta langkah-langkahnya yang mudah diikuti. Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

Link Google Form, dan Cara Membuatnya

Pastikan kamu sudah membaca Cara Membuat Google Form di HP atau proses pembuatan Form melalui perangkat apapun sehingga form hasil yang sudah di buat dapat dibagikan melalui link.

Jadi, link yang di maksud adalah url tautan, sehingga saat orang yang mendapat link tersebut dan mengkliknya bisa menuju form yang sudah kalian buat.

1. Mengakses Google Form

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengakses Google Form melalui perangkat yang kamu gunakan, baik itu HP atau laptop.

Pastikan kamu sudah masuk ke akun Google kamu sebelum melanjutkan proses pembuatan link Google Form.

2. Membuat Formulir Baru

Setelah berhasil masuk ke Google Form, kamu dapat membuat formulir baru dengan mengklik tombol “Buat” atau “New” dan memilih opsi “Formulir” atau “Form”. Ini akan membuka halaman pembuatan formulir baru yang siap untuk diisi.

Cara ini sudah dibahas pada artikel sebelumnya, contoh membuat soal , absensi dan lain sebagainya.

Sudah Baca ini ?   Cara Menyimpan File di Google Drive Kelebihan dan Kekurangannya

3. Menambahkan Pertanyaan dan Desain Formulir

Pada halaman pembuatan formulir, tambahkan pertanyaan-pertanyaan yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Selain itu, kamu juga bisa menyesuaikan desain formulir seperti warna, font, dan latar belakang untuk membuatnya lebih menarik.

4. Membagikan Formulir dan Mendapatkan Link

Setelah formulir selesai dibuat, klik tombol “Bagikan” dan pilih opsi “Dapatkan Tautan” atau “Get Link” untuk mendapatkan link formulir kamu.

Salin link tersebut dan kamu sudah berhasil membuat link Google Form!

5. Membagikan Link Google Form

Langkah terakhir adalah membagikan link Google Form yang sudah kamu buat kepada orang-orang yang ingin mengisi formulir tersebut.

Kamu bisa membagikan link melalui email, pesan, atau media sosial untuk mempermudah akses peserta.

6. Melihat Respons dan Data Formulir

Setelah formulir mulai diisi oleh peserta, kamu bisa memantau respons dan melihat data formulir secara terperinci melalui Google Form. Ini akan membantu kamu dalam mengelola dan menganalisis data dengan lebih baik.

7. Mengatur Notifikasi dan Pengaturan Lainnya

Google Form juga menyediakan fitur untuk mengatur notifikasi dan pengaturan lainnya, seperti pengaturan batas waktu pengisian formulir, verifikasi email, dan lain sebagainya.

Kamu bisa mengakses pengaturan ini melalui menu pengaturan pada Google Form.

8. Membuat Formulir Lebih Interaktif

Untuk membuat formulir lebih interaktif, kamu bisa menambahkan gambar, video, atau bahkan logika berdasarkan respons yang diberikan oleh peserta.

Ini akan membuat formulir lebih menarik dan memberikan pengalaman yang lebih baik kepada peserta.

9. Menganalisis Hasil dan Feedback

Setelah formulir selesai diisi, jangan lupa untuk melakukan analisis terhadap hasil dan feedback yang diberikan oleh peserta.

Hal ini akan membantu kamu dalam mengambil keputusan atau tindakan selanjutnya berdasarkan data yang didapatkan.

Sudah Baca ini ?   5 Cara Melihat dan Mengelola Jawaban Google Form

10. Menyimpan Data dan Dokumentasi

Terakhir, pastikan kamu menyimpan data formulir dan dokumentasi dengan baik untuk referensi dan analisis di masa mendatang.

Data formulir bisa disimpan dalam format spreadsheet atau file lainnya sesuai kebutuhan kamu.

Cara Membuat Soal di Google Form: Panduan Lengkap untuk Guru

Kesimpulan

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat membuat link Google Form dengan mudah dan praktis. Google Form memberikan fleksibilitas dan kemudahan dalam pembuatan formulir online, termasuk dalam pembuatan link formulir. Jadi, jangan ragu untuk mencoba membuat link Google Form untuk kebutuhan kamu. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu!