Cara Menyimpan File di Google Drive Kelebihan dan Kekurangannya

Google Drive adalah salah satu layanan penyimpanan online yang dimiliki oleh Google. Dengan Google Drive, kamu bisa menyimpan berbagai macam file, seperti dokumen, foto, video, musik, dan lain-lain. Kamu juga bisa mengakses file-file tersebut kapan saja dan di mana saja, asalkan ada koneksi internet dan akun Google.

Tapi, tahukah kalian bagaimana cara menyimpan file di Google Drive? Apa saja kelebihan dan kekurangan dari layanan ini? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Cara Menyimpan File di Google Drive

Ada dua cara yang bisa anda gunakan untuk menyimpan file di Google Drive, yaitu melalui komputer atau laptop dan melalui ponsel atau tablet.

Melalui Komputer atau Laptop

Untuk menyimpan file di Google Drive melalui komputer atau laptop, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka browser dan kunjungi situs Google Drive.
  2. Masuk ke akun Google kamu dengan memasukkan email dan kata sandi.
  3. Klik tombol + New di sebelah kiri atas, lalu pilih File upload atau Folder upload tergantung jenis file yang ingin kamu simpan.
  4. Cari dan pilih file atau folder yang ingin kamu unggah, lalu klik Open.
  5. Tunggu proses unggah selesai, file atau folder kamu akan muncul di Google Drive.

Melalui Ponsel atau Tablet

Untuk menyimpan file di Google Drive melalui ponsel atau tablet, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Google Drive di ponsel atau tablet kamu. Jika belum punya, kamu bisa mengunduhnya di Google Play Store untuk Android atau App Store untuk iOS.
  2. Masuk ke akun Google kamu dengan memasukkan email dan kata sandi.
  3. Ketuk tombol + di kanan bawah, lalu pilih Upload.
  4. Cari dan pilih file atau folder yang ingin kamu unggah, lalu ketuk OK.
  5. Tunggu proses unggah selesai, file atau folder kamu akan muncul di Google Drive.
Sudah Baca ini ?   Google Drive, Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan dan Kekurangan Google Drive

Seperti halnya layanan penyimpanan online lainnya, Google Drive juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu kamu ketahui. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Kelebihan Google Drive

  • Google Drive memberikan kapasitas penyimpanan gratis sebesar 15 GB untuk setiap akun Google. Jika kamu membutuhkan ruang lebih, kamu bisa membeli paket berlangganan mulai dari 100 GB hingga 30 TB dengan harga yang bervariasi.
  • Google Drive mendukung berbagai macam format file, baik itu file dokumen, gambar, video, audio, maupun file khusus seperti PDF, ZIP, RAR, dan lain-lain. Kamu juga bisa mengubah file menjadi format Google Docs, Google Sheets, atau Google Slides dengan mudah.
  • Google Drive memungkinkan kamu untuk berbagi file dengan orang lain dengan cara mengirimkan tautan atau mengundang orang-orang tertentu. Kamu juga bisa mengatur hak akses, apakah orang lain hanya bisa melihat, mengomentari, atau mengedit file kamu.
  • Google Drive memiliki fitur sinkronisasi yang memudahkan kamu untuk mengakses file di berbagai perangkat, seperti komputer, laptop, ponsel, atau tablet. Kamu juga bisa mengunduh file untuk diakses secara offline.
  • Google Drive memiliki fitur pencadangan dan pemulihan yang dapat melindungi file kamu dari kehilangan atau kerusakan. Kamu bisa mengembalikan file yang terhapus atau mengubah versi file yang sudah diubah.

Kekurangan Google Drive

  • Google Drive membutuhkan koneksi internet yang stabil dan cepat untuk mengunggah dan mengunduh file. Jika koneksi internet terputus atau lambat, proses unggah atau unduh bisa gagal atau lama.
  • Google Drive memiliki batas ukuran file yang bisa diunggah, yaitu 5 TB untuk file tunggal dan 750 GB per hari untuk total file. Jika file kamu melebihi batas tersebut, kamu tidak bisa menyimpannya di Google Drive.
  • Google Drive memiliki risiko keamanan dan privasi yang perlu kamu waspadai. Meskipun Google mengklaim bahwa file kamu aman dan terenkripsi, tetapi ada kemungkinan file kamu bisa diretas, dicuri, atau disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
  • Google Drive memiliki keterbatasan dalam hal fitur dan fungsi yang bisa kamu gunakan. Misalnya, Google Drive tidak bisa digunakan sebagai hosting website, tidak bisa mengedit file PDF secara langsung, tidak bisa mengompres file, dan lain-lain.
Sudah Baca ini ?   Cara agar google form tidak bisa diedit orang lain

Kesimpulan

Google Drive adalah layanan penyimpanan online yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan berbagai macam file. Kamu bisa menyimpan file di Google Drive melalui komputer atau laptop dan melalui ponsel atau tablet dengan cara yang mudah. Google Drive juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu kamu pertimbangkan sebelum menggunakan layanan ini.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu. Jika kamu memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

(Jumlah kata: 1014)